Ilustrasi logo OECD. Foto: AFP/Eric Piermont.
Ilustrasi logo OECD. Foto: AFP/Eric Piermont.

OECD: Kecepatan Pemulihan Ekonomi Akibat Pandemi Tergantung Vaksinasi

Ekonomi OECD Pemulihan Ekonomi Nasional Vaksinasi covid-19
Ade Hapsari Lestarini • 15 Mei 2021 16:06
Athena: Prospek ekonomi global telah membaik dalam beberapa bulan terakhir, kendati ketidakpastian terhadap pemulihan tetap sangat tinggi.
 
"Laju pemulihan masih tergantung pada kecepatan vaksinasi," ujar Sekretaris Jenderal Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) Angel Gurria, dalam Delphi Economic Forum VI, dilansir dari Xinhua, Sabtu, 15 Mei 2021.
 
Menurut analisis OECD yang dirilis musim semi ini, Produk Domestik Bruto (PDB) global akan tumbuh sebesar 5,6 persen tahun ini, dan sebesar empat persen pada 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gurria menekankan jika peluncuran vaksinasi lambat dan virus tetap beredar tinggi dengan suatu varian, PDB global bisa menjadi sekitar dua persen di bawah proyeksi utama pada akhir 2022.
 
Banyak pembicara di forum yang berlangsung dari Senin hingga Sabtu tersebut sepakat bahwa perdagangan memainkan peran penting dalam pemulihan ekonomi. "Sangat penting untuk membuka cara dan rute baru dengan berbagai wilayah di dunia," kata Sekretaris Negara Portugis untuk Internasionalisasi, Eurico Brilhante Dias.
 
"Sistem perdagangan multilateral sangat penting untuk memiliki perdagangan yang lebih adil dan lebih baik dengan aturan," tegasnya.
 
Menurutnya, proteksionisme tidak akan memberi pertumbuhan lebih banyak, sehingga lebih banyak peluang. Salah satu aspek positif dari krisis covid-19 adalah mempercepat transformasi digital di banyak negara Uni Eropa termasuk Yunani.
 
Wakil Presiden Eksekutif Komisi Eropa untuk Eropa yang cocok untuk Era Digital, Margrethe Vestager, mengatakan kepada forum tersebut, bahwa digital transformasi juga akan membantu pemulihan.
 
"Solusi digital memungkinkan kami untuk terus bekerja dan negara anggota mendukung bisnis dan warga selama pandemi," pungkasnya.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif