Ilustrasi AS. Foto ; AFP.
Ilustrasi AS. Foto ; AFP.

Musim Liburan, Tingkat Berbelanja di AS Diharap Naik Selama Pandemi Covid-19

Ekonomi amerika serikat belanja
Arif Wicaksono • 24 November 2020 19:20
Washington: Federasi Ritel Nasional (NRF) memperkirakan penjualan liburan selama November dan Desember akan meningkat antara 3,6-5,2 persen selama 2019, meskipun ada ketidakpastian akibat covid-19. Angka-angka yang diramalkan oleh NRF tidak termasuk dealer mobil, pompa bensin, dan restoran.
 
"Mengingat pandemi, ada ketidakpastian tentang keinginan konsumen untuk berbelanja, tetapi dengan ekonomi yang membaik sebagian besar memiliki kemampuan untuk berbelanja," kata Kepala Ekonom NRF Jack Kleinhenz dikutip dari Xinhua, Selasa, 24 November 2020.
 
Kleinhenz mengatakan rumah tangga memiliki neraca yang kuat didukung oleh pasar saham yang kuat, kenaikan nilai rumah dan rekor tabungan didorong oleh pembayaran stimulus pemerintah yang dikeluarkan awal tahun ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setelah semua yang mereka lalui, kami pikir akan ada faktor psikologis bahwa mereka berhutang kepada diri mereka sendiri dan keluarga mereka untuk mendapatkan liburan yang lebih baik dari biasanya," kata Kleinhenz, sambil mencatat bahwa ada risiko terhadap ekonomi jika virus terus menyebar.
 
Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell baru-baru ini juga memperingatkan bahwa risiko penurunan ekonomi yang signifikan tetap ada, karena vaksinasi yang meluas masih beberapa bulan lagi bahkan dalam kasus terbaik.
 
Kasus covid-19 yang dikonfirmasi meroket di seluruh Amerika Serikat, dengan lebih dari 1,18 juta kasus baru dilaporkan dalam tujuh hari terakhir, menurut data terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Jumlah total kasus di negara itu melampaui 12 juta.
 
Menanggapi lonjakan infeksi, gubernur di seluruh negeri telah memulihkan langkah-langkah terbatas untuk mengekang penyebaran virus yang membayangi pemulihan ekonomi ke depan.
 
Menurut NRF, banyak rumah tangga bertransaksi lewat belanja digital untuk melakukan pembelian terhadap liburan mereka. Hal ini seperti yang mereka lakukan untuk sebagian besar pengeluaran sehari-hari mereka tahun ini.
 
Musim liburan, yang biasanya merupakan waktu terbesar dalam setahun bagi pengecer, umumnya mengacu pada hari-hari antara Thanksgiving di akhir November dan Natal di akhir Desember. NRF menetapkan musim liburan sebagai 1 November hingga 31 Desember 2020. 
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif