Peringkat kredit Italia diturunkan akibat virus covid-19 yang menjatuhkan kondisi ekonomi negara tersebut. Foto: AFP
Peringkat kredit Italia diturunkan akibat virus covid-19 yang menjatuhkan kondisi ekonomi negara tersebut. Foto: AFP

Akibat Covid-19, Fitch Turunkan Peringkat Kredit Italia

Ekonomi kredit italia virus corona
Nia Deviyana • 29 April 2020 16:18
Italia: Peringkat kredit Italia diturunkan dari "BBB" menjadi "BBB-" oleh lembaga pemeringkat Fitch akibat virus covid-19 yang menjatuhkan kondisi ekonomi negara tersebut.
 
Turunnya peringkat mencerminkan meningkatnya keraguan seputar kelayakan kredit Italia dan posisi fiskal pemerintah ketika negara itu mencoba memulihkan ekonominya.
 
Fitch meramal ekonomi Italia mengalami kontraksi sebesar delapan persen pada 2020. Namun, risiko terhadap perkiraan dasar ini miring ke bawah, karena asumsi pandemi covid-19 dapat ditekan pada paruh kedua tahun ini bisa mengarah ke pemulihan ekonomi yang relatif kuat pada 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tetapi, jika terjadi gelombang kedua covid-19 terjadi lagi, dan dimulai kembali tindakan lockdown secara luas, kemungkinan ekonomi akan lebih lemah untuk tahun 2020 dan 2021," kata Fitch yang dilansir dari CNBC International, Rabu, 29 April 2020.
 
Lembaga pemeringkat percaya bahwa rasio utang Italia terhadap PDB akan meningkat sekitar 20 poin tahun ini menjadi 156 persen dari PDB pada akhir 2020. Italia adalah salah satu negara dengan utang paling banyak di dunia setelah Jepang dan Yunani.
 
Menurut skenario dinamika utang dasar Fitch, rasio utang terhadap PDB akan berada pada tingkat kestabilan yang tinggi dalam jangka menengah, menggarisbawahi risiko keberlanjutan utang. Namun, butuh peninjauan berikutnya atas kelayakan kredit Italia yang akan dilakukan pada bulan mendatang.
 
Ekonomi Italia sudah dalam posisi lemah ketika goncangan covid-19 menghantam negara itu pada Februari, menjadikannya sebagai pusat penyebaran wabah virus covid-19 di Eropa.
 
Fitch mencatat GDP riil tumbuh hanya 0,3 persen pada 2019, yang artinya, ekonomi secara efektif telah stagnan selama dua tahun terakhir.
 
"Menurunnya peringkat dapat dilanjutkan jika pemerintah tidak menerapkan pertumbuhan ekonomi yang kredibel dan strategi fiskal yang bisa meningkatkan kepercayaan bahwa utang pemerintah terhadap PDB bisa menurun dari waktu ke waktu," pungkas Fitch.

 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif