Thailand. Foto ; AFP.
Thailand. Foto ; AFP.

Membaik, Ekonomi Thailand Turun 6,4% di Kuartal III-2020

Ekonomi thailand pandemi covid-19
Arif Wicaksono • 17 November 2020 14:42
Bangkok: Perekonomian Thailand membaik pada kuartal ketiga tahun ini setelah pemerintah melonggarkan pembatasan covid-19. Serta meluncurkan serangkaian langkah stimulus.
 
Dikutip dari Xinhua, Selasa, 17 November 2020, Dewan Pembangunan Ekonomi dan Sosial Nasional (NESDC) mengatakan Produk domestik bruto (PDB) Thailand menyusut 6,4 persen pada Juli-September dari tahun lalu. Kondisi ini pulih dari kontraksi 12,1 persen pada kuartal sebelumnya pada puncak pandemi covid-19.
 
Dewan juga menaikkan prospek 2020 untuk kontraksi ekonomi dari perkiraan sebelumnya 7,3 persen menjadi 7,8 persen. NESDC mengatakan pihaknya memperkirakan ekspor turun 7,5 persen tahun ini, bukan 10 persen seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekretaris Jenderal NESDC Danucha Pichayanan mengatakan semua indikator ekonomi, kecuali pariwisata, membaik pada kuartal ketiga. Selain itu ekonomi diperkirakan tumbuh dari 3,5 persen menjadi 4,5 persen pada 2021.
 
Namun, dia mengingatkan bahwa penguatan mata uang baht Thailand, serta tingginya tingkat pengangguran akan tetap menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi tahun depan.
 
Danucha merekomendasikan bahwa langkah-langkah untuk mempercepat pemulihan ekonomi harus fokus pada pengelolaan risiko infeksi covid-19, membantu sektor pariwisata, mencairkan pengeluaran publik, mempromosikan investasi swasta, serta mempersiapkan mitigasi untuk musim kemarau.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif