Ilustrasi. FOTO: Mark Ralston/AFP
Ilustrasi. FOTO: Mark Ralston/AFP

Dihantui Banyak Tantangan Besar, Ekonomi Tiongkok Tumbuh 8,1% di 2021

Ekonomi properti ekonomi china Tiongkok pandemi covid-19 Evergrande Omicron
Angga Bratadharma • 18 Januari 2022 09:02
Beijing: Tiongkok mencatat pertumbuhan ekonomi tetap positif pada 2021, meski menghadapi tantangan besar termasuk akibat kebangkitan pandemi covid-19 dan lingkungan eksternal yang rumit. Ekonomi terbesar nomor dua dunia itu memulai tahun lalu dengan positif tetapi sayangnya momentum pemulihan runtuh akibat sejumlah risiko.
 
"Produk Domestik Bruto (PDB) Tiongkok meningkat sebanyak 8,1 persen secara tahun ke tahun (YoY) menjadi 114,37 triliun yuan (sekitar USD18 triliun) dibandingkan dengan tahun lalu," kata Biro Statistik Nasional (NBS) Tiongkok, dilansir dari Xinhua, Selasa, 18 Januari 2022.
 
Kecepatan pertumbuhan ekonomi tersebut jauh di atas target pemerintah di atas enam persen, dan menempatkan pertumbuhan rata-rata dua tahun pada 5,1 persen. Sedangkan pada kuartal keempat di 2021, PDB negara itu meningkat empat persen secara tahun ke tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ekonomi Tiongkok melanjutkan pemulihan yang stabil pada 2021, memimpin dunia dalam pembangunan ekonomi dan pengendalian epidemi, kata NBS. Selain itu, NBS memperingatkan adanya tekanan tiga kali lipat dari kontraksi permintaan, guncangan pasokan, dan melemahnya ekspektasi di tengah lingkungan eksternal yang semakin rumit.
 
"Konsumsi akhir berkontribusi 65,4 persen terhadap ekspansi PDB, sementara ekspor bersih berkontribusi 20,9 persen. Pertumbuhan ekonomi Tiongkok termasuk yang tercepat di negara-negara ekonomi utama di dunia tahun lalu," kata Kepala NBS Ning Jizhe.
 
Ning menambahkan, PDB Tiongkok diperkirakan mencapai lebih dari 18 persen dari total global. Dalam rincian, penjualan ritel melihat pemulihan penting, melompat 12,5 persen yoy. Investasi aset tetap mencatat pertumbuhan yang stabil sebesar 4,9 persen, sementara output industri bernilai tambah meningkat 9,6 persen dari tahun sebelumnya.
 
Pasar tenaga kerja secara umum tetap stabil, dengan tingkat pengangguran perkotaan yang disurvei berada pada 5,1 persen atau 0,5 poin lebih rendah dari periode yang sama tahun sebelumnya dan memenuhi target pemerintah di bawah 5,5 persen.
 
"Orang-orang Tiongkok semakin makmur pada 2021, dengan pendapatan per kapita yang dapat dibelanjakan mencapai 35.128 yuan atau naik 9,1 persen tahun ke tahun secara nominal," pungkasnya.
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif