Presiden Amerika Serikat Donald Trump. FOTO: Andrew Caballero-Reynolds/AFP
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. FOTO: Andrew Caballero-Reynolds/AFP

Di Tengah Wabah Virus Korona

Trump Kaji Opsi Buka Kembali Ekonomi AS

Ekonomi Virus Korona ekonomi amerika
Angga Bratadharma • 28 Maret 2020 13:02
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan mendengar rekomendasi dari Gugus Tugas Coronavirus Gedung Putih di akhir pekan ini mengenai rencana untuk membuka kembali perekonomian AS. Keinginan itu lantaran aktivitas ekonomi terus tertekan di bawah pandemi covid-19.
 
Mengutip CNBC, Sabtu, 28 Maret 2020, pedoman baru tentang cara memulai ekonomi akan diumumkan beberapa hari setelah jumlah kasus covid-19 yang dikonfirmasi di AS melampaui Tiongkok atau Italia, menjadikan AS sebagai negara dengan jumlah orang yang terpapar wabah terbesar di dunia.
 
Wakil Presiden AS Mike Pence mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih satuan tugas akan berbagi sejumlah rekomendasi dan panduan tambahan untuk maju dengan langkah-langkah selanjutnya dalam upaya menumpulkan dampak virus korona terhadap ekonomi AS.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Presiden telah menjelaskan, bahwa dalam kata-katanya, dia ingin membuka negara. Tetapi kami akan melakukan itu secara bertanggung jawab, dan seperti yang dikatakan Presiden kepada gubernur hari ini, kami akan melakukannya berdasarkan data," kata Pence, yang bertugas memimpin respons AS terhadap wabah tersebut.
 
Adapun Trump sudah mengirim surat kepada Gubernur AS yang berisi tentang visinya terkait rencana pemerintahannya membuka kembali perekonomian, yang telah terhenti karena semakin banyak negara bagian memberlakukan pembatasan untuk mencoba menekan penyebaran penyakit tersebut.
 
Trump menyatakan dia dan pemerintahannya berencana untuk mengembangkan kriteria untuk membantu mengklasifikasikan kabupaten dengan tingkat risiko rendah, sedang, dan tinggi. Hal itu dilakukan dengan menggunakan pengujian pengawasan yang kuat yang akan memungkinkan pemerintah daerah untuk melacak penyebaran virus.
 
Namun, tidak jelas seperti apa rekomendasi atau panduan yang dirujuk oleh Pence. Tetapi dokter dan ahli kesehatan masyarakat telah memperingatkan bahwa pelonggaran pembatasan sebelum waktunya dapat menyebabkan lebih banyak infeksi. Sayangnya, Trump pada minggu ini menyuarakan ketidaksabaran yang semakin meningkat.
 
Trump telah berulang kali menyarankan pada minggu ini bahwa wilayah di negara bagian dengan jumlah kasus covid-19 yang relatif rendah dapat membuka kembali aktivitas bisnisnya. Bahkan, Trump ingin ekonomi AS bisa dibuka kembali pada Minggu Paskah -meski pada akhirnya ia merasa ragu.
 
"Saya tidak yakin itu akan menjadi hari yang tepat. Orang-orang ingin kembali bekerja. Saya mendengarnya dari semua orang," pungkas Trump.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif