Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Ancaman Badai Tropis Buat Harga Minyak Dunia Melonjak

Ekonomi Minyak Mentah
Angga Bratadharma • 28 Oktober 2020 07:58
New York: Harga minyak dunia kembali bangkit pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB), memulihkan beberapa kerugian besar yang mereka derita di sesi sebelumnya. Penguatan dapat terjadi karena badai tropis mengancam produksi di Teluk Meksiko AS.
 
Mengutip Xinhua, Rabu, 28 Oktober 2020, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember naik USD1,01 menjadi USD39,57 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Desember naik 74 sen menjadi USD41,20 per barel di London ICE Futures Exchange.
 
"Sebanyak 16 persen dari produksi minyak AS di Teluk Meksiko telah ditutup karena Badai Tropis Zeta mendekat, yang memberikan dukungan untuk harga minyak," kata Analis Energi Commerzbank Research Eugen Weinberg, dalam sebuah catatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, para analis mencatat risiko penurunan tetap ada di pasar minyak. Ketidakpastian atas stimulus virus korona AS tambahan juga akan membebani pasar. "Pembatasan transportasi lebih lanjut menjulang di sisi permintaan yang sudah diperangi karena infeksi covid-19 terus melonjak di beberapa negara besar," tambah Weinberg.
 
Harga minyak jatuh pada Senin waktu setempat (Selasa WIB) yang membuat kedua patokan minyak mentah mundur lebih dari tiga persen karena melonjaknya kasus covid-19 memicu kekhawatiran atas permintaan energi.
 
Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat ditutup bervariasi pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB), karena investor terus khawatir tentang infeksi covid-19 yang melonjak di AS. Pada Senin waktu setempat (Selasa WIB), bursa saham Wall Street ditutup jatuh dengan Dow Jones anjlok 650 poin.
 
Indeks Dow Jones Industrial Average turun 222,19 poin atau 0,8 persen menjadi 27.463,19. Sedangkan S&P 500 turun 10,29 poin atau 0,3 persen menjadi 3.390,68. Kemudian indeks Komposit Nasdaq naik 72,41 poin atau 0,64 persen menjadi 11.431,35.
 
Sebanyak delapan dari 11 sektor utama S&P 500 turun, dengan sektor industri ditutup turun sebanyak 2,18 persen, memimpin penurunan. Kemudian sektor konsumen naik sebanyak 0,57 persen, grup dengan kinerja terbaik.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif