Presiden AS, Joe Biden (Patrick Semansky / AFP)
Presiden AS, Joe Biden (Patrick Semansky / AFP)

Ternyata Segini Jumlah Harta Kekayaan Presiden AS Joe Biden

Ekonomi Ekonomi Amerika daftar forbes presiden as joe biden Pelantikan Joe Biden
Rendy Renuki H • 21 Januari 2021 00:07
Jakarta: Joe Biden resmi menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) usai menjalani pelantikan, Rabu 20 Januari 2021. Biden ternyata memiliki jumlah harta kekayaan yang cukup fantastis.
 
Merujuk data Forbes, harta kekayaan Presiden AS ke-46 itu mencapai USD9 juta, setara Rp130 miliar per November 2020. Jumlah itu merupakan kekayaan bersih yang digabung dengan istrinya, Jill Biden.
 
Kekayaan mereka di antaranya berasal dari investasi properti. Biden dan istrinya diketahui memiliki dua rumah yang berada Delaware yang jika digabung nilainya mencapai USD4 juta, atau sekitar Rp58 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sumber kekayaan Biden lainnya berasal dari tabungan uang tunai dan investasi senilai USD4 juta atau lebih. Dana pensiun federal senilai lebih dari USD1 juta atau setara Rp14 miliar menjadi sumber kekayaan lain pria 78 tahun itu.
 
Padahal di awal karier politiknya, Biden mengantongi gaji USD42.500 per tahun sebagai Senator pada 1973. Kemudian naik menjadi USD174.000 per tahun di akhir jabatannya sebagai Senator pada 2009.
 
Pundi kekayaan pria kelahiran Pennsylvania itu pun meningkat saat menjabat Wakil Presiden AS. Sebagai pengingat, Biden menjadi wapres mendampingi Presiden Barrack Obama yang dilantik 20 Januari 2009.
 
Gaji yang didapatkan Biden saat menjabat wapres AS adalah USD230 ribu per tahun. Pemasukan yang membuat harta kekayaan Biden melejit di akhir jabatannya sebagai wapres.
 
Pada 2017 usai purnatugas, dia melaporkan pendapatan kotor yang disesuaikan sekitar USD11 juta. Saat tak lagi menjadi wapres, pemasukan Biden masih bertambah setahun kemudian yakni USD4,6 juta.
 
Angka tersebut sebagian besar berasal dari royalti pembuatan buku dengan Flatiron Books. Di mana dia mendapatkan USD8 juta per pekan dari royalti tersebut.
 
Biden pun masih mendapatkan pemasukan sebagai pembicara dan penceramah. Laporan AS, tarif Biden menjadi pembicara berkisar antara USD40 ribu hingga USD190 ribu.
 
Dia juga memperoleh USD540 ribu sebagai profesor di Penn Biden Center for Diplomacy and Global Engagement di University of Pennsylvania. 
 
Setelah resmi dilantik menjadi presiden, kemungkinan besar kekayaan Biden yang mencapai USD9 juta akan terus bertambah. Mengingat ia bakal mendapatkan gaji USD400.000 per tahun sebagai Presiden AS.
 
Sehingga masih pantaskan seorang Biden menyandang julukan Middle Class Joe yang kerap diumbarnya?
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif