Ekonomi Tiongkok. Foto : AFP.
Ekonomi Tiongkok. Foto : AFP.

Industri Tiongkok Tumbuh Pesat pada Oktober

Ekonomi tiongkok pandemi covid-19
Arif Wicaksono • 16 November 2020 18:43
Beijing: Produksi industri Tiongkok mengalami pertumbuhan lebih lanjut pada Oktober karena produksi pabrik terus meningkat di tengah pengendalian covid-19 yang efektif dan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan permintaan dan konsumsi.
 
Output industri nilai tambah Tiongkok, sebuah indikator ekonomi penting, naik 6,9 persen tahun ke tahun di Oktober, sama dengan bulan September, data dari Biro Statistik Nasional (NBS) menunjukkan dikutip dari Xinhua, Senin, 16 November 2020.
 
Dalam skala bulan ke bulan, output industri naik 0,78 persen di Oktober. Dalam 10 bulan pertama, output industri meningkat 1,8 persen dari satu tahun sebelumnya, dibandingkan dengan peningkatan 1,2 persen pada tiga kuartal pertama, data NBS menunjukkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada bulan lalu, sektor manufaktur negara berkembang naik 7,5 persen tahun ke tahun, melanjutkan lintasan positifnya. Output dalam produksi dan pasokan listrik, tenaga panas, gas dan air naik empat persen. Sedangkan sektor pertambangan menunjukkan output naik 3,5 persen.
 
Di antara titik terang adalah manufaktur peralatan, yang mencatat kenaikan 10,8 persen tahun ke tahun di bulan Oktober, melampaui pertumbuhan output industri secara keseluruhan.
 
Secara khusus, output kendaraan energi baru melonjak 94,1 persen tahun ke tahun bulan lalu, sementara sirkuit terintegrasi naik 20,4 persen.
 
NBS menyatakan bahwa hal ini didukung oleh kebijakan pemerintah. Ekonomi Tiongkok telah menikmati momentum pemulihan yang stabil dan berkelanjutan, dan produksi telah meningkat di tengah rebound permintaan dan ekspektasi pasar yang optimis. Dalam rincian kepemilikan, output oleh sektor swasta naik 8,2 persen tahun ke tahun di Oktober.
 
Output perusahaan milik negara naik 5,4 persen, perusahaan saham gabungan naik 6,9 persen dan perusahaan yang didanai luar negeri naik tujuh persen. Namun, penyebaran virus secara global dapat menghambat perdagangan internasional, dan pemulihan domestik masih menghadapi tekanan, tambahnya. Hasil industri digunakan untuk mengukur aktivitas perusahaan besar yang ditunjuk dengan omzet bisnis tahunan setidaknya 20 juta yuan (sekitar USD3 juta).

 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif