Ilustrasi. Foto: AFP/Mohd Rasfan
Ilustrasi. Foto: AFP/Mohd Rasfan

Akhir Pekan, Dolar Tergelincir

Ekonomi suku bunga The Fed Dolar AS Indeks Dolar The Fed Stop Stimulus Ekonomi
Antara • 23 Oktober 2021 09:51
New York: Dolar tergelincir pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah Ketua Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengatakan bank sentral AS harus segera mulai mengurangi pembelian asetnya, tetapi belum menaikkan suku bunga.
 
Investor telah mengambil keuntungan sejak indeks dolar mencapai level tertinggi satu tahun pekan lalu, ketika kekhawatiran bahwa inflasi akan tetap tinggi untuk waktu yang lebih lama membuat investor mengedepankan ekspektasi kapan Fed pertama kali akan menaikkan suku bunga hingga pertengahan 2022.
 
The Fed mengatakan pada pertemuan September bahwa kemungkinan akan mulai mengurangi pembelian obligasi bulanan segera setelah November, dan mengisyaratkan kenaikan suku bunga mungkin mengikuti lebih cepat dari yang diperkirakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melansir Antara, Sabtu, 23 Oktober 2021, indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya turun 0,10 persen menjadi 93,64, dan jatuh dari tertinggi satu tahun di level 94,56 minggu lalu. Euro menguat 0,09 persen menjadi USD1,1636.
 
Reli dolar juga telah memudar karena investor membangun ekspektasi untuk kenaikan suku bunga lebih cepat dalam mata uang lainnya.
 
Namun, dolar diperkirakan mendapatkan kembali traksi ketika bank-bank sentral global mendorong kembali kenaikan suku bunga yang agresif, sementara The Fed kemungkinan akan tetap relatif hawkish dan bergerak maju dengan pengurangan program pembelian obligasi.
 
Mata uang safe-haven yen naik, meskipun tetap menjadi pemain terlemah, setelah turun hampir 10 persen tahun ini. Dolar terakhir turun 0,50 persen terhadap mata uang Jepang di 113,42 yen.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif