Ilustrasi - - Foto: dok AFP
Ilustrasi - - Foto: dok AFP

Imbal Hasil Naik, Perbankan Mulai Borong Surat Utang Pemerintah AS

Ekonomi Perbankan surat utang Ekonomi Amerika The Fed obligasi
Antara • 15 Oktober 2021 11:14
New York: Sejumlah bank besar di Amerika Serikat (AS) mulai memborong surat berharga atau obligasi negara Paman Sam karena naiknya imbal hasil seiring berkurangnya stimulus moneter dari The Fed.
 
Bank of America Corp dan Citigroup Inc mengaku memperoleh pendapatan bunga bersih tambahan selama kuartal tersebut dengan membeli sekuritas berimbal hasil tinggi.
 
Namun, JPMorgan Chase & Co terus menimbun uang tunai dan mengharapkan suku bunga bergerak lebih tinggi seperti yang diprediksi oleh kepala eksekutifnya Jamie Dimon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Chief Financial Officer Citigroup Mark Mason mengatakan bank telah membeli surat utang pemerintah dan sekuritas berbasis hipotek.
 
"Kami memiliki posisi likuiditas yang kuat dan kami telah menerapkannya," kata Mason kepada wartawan dikutip dari Antara, 15 Oktober 2021.
 
Deposito bank menumpuk lebih tinggi dari sebelumnya, didorong oleh uang dari pembelian obligasi Federal Reserve, pembayaran stimulus pemerintah dan tabungan dari konsumen.
 
Sementara itu, pendapatan bunga bersih bank dari sekuritas dan pinjaman, sumber pendapatan utama, telah anjlok karena The Fed mempertahankan suku bunga rendah dan peminjam melunasi pinjaman.
 
Adapun imbal hasil pada obligasi pemerintah dengan tenor 10 tahun mengalami fluktuasi karena perubahan pandangan tentang kebijakan The Fed dan inflasi. Setelah naik ke 1,75 persen dari 0,9 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini, imbal hasil turun kembali ke 1,15 persen.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif