Arab Saudi. foto : AFP.
Arab Saudi. foto : AFP.

Penjualan Bahan Kimia Arab Saudi Melonjak

Ekonomi Ekspor minyak bumi arab saudi timur tengah pandemi covid-19
Arif Wicaksono • 25 Januari 2022 21:18
Riyadh: Pengiriman bahan kimia mendorong pertumbuhan ekspor non-minyak Arab Saudi mencapai tingkat tahunan 26,1 persen pada November 2021. Ekspor bahan kimia atau industri terkait meningkat sebesar 70,6 persen dalam setahun. Ini merupakan 34 persen dari ekspor barang non-minyak. Penjualan plastik dan karet juga meningkat, naik dengan laju tahunan sebesar 38,4 persen.
 
Dikutip dari Arab News, Selasa, 25 Januari 2022, menurut General Authority for Statistics (Gastat), rasio ekspor nonmigas terhadap impor melonjak menjadi 52,6 persen pada November 2022 atau naik dari 42,3 persen pada bulan sebelumnya. Kenaikan ini karena impor hanya meningkat 1,4 persen dibandingkan dengan pertumbuhan penjualan nonmigas yang lebih tinggi.
 
Selain itu, ekspor minyak melonjak 112,8 persen dan pangsanya terhadap total ekspor meningkat menjadi 75,8 persen pada November 2021 atau naik dari 65 persen pada bulan yang sama tahun sebelumnya. Ekspor barang dagangan secara keseluruhan melonjak 82,5 persen dari tahun sebelumnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tiongkok adalah mitra dagang utama Kerajaan, menyumbang 17,2 persen dari total ekspor dan 20,6 persen impor. India dan Jepang adalah penerima utama barang dan jasa Saudi lainnya, masing-masing membeli 11,6 persen dan 9,6 persen dari ekspor. Korea Selatan, AS, UEA, dan Mesir juga termasuk di antara 10 tujuan ekspor teratas.
 
Selain itu, AS dan UEA masing-masing memberi Arab Saudi 11,4 persen dan enam persen dari impornya. Melihat pelabuhan pabean utama untuk impor, Gastat mengatakan 25,9 persen dari total pembelian datang melalui Pelabuhan Laut Islam Jeddah pada November. Disusul Pelabuhan King Abdulaziz, Bandara Internasional King Khalid dan Bat'ha.
 
(SAW)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif