Ilustrasi. FOTO: FREDERIC J. BROWN/AFP
Ilustrasi. FOTO: FREDERIC J. BROWN/AFP

Australia Ingin Tingkatkan Hubungan Saling Menguntungkan dengan Tiongkok

Ekonomi ekonomi china australia tiongkok
Angga Bratadharma • 26 Januari 2021 10:02
Singapura: Bendahara Australia Josh Frydenberg mengatakan Australia akan terus mengadvokasi kepentingan nasionalnya tetapi tetap ingin melihat hubungan yang tegang dengan Tiongkok bisa membaik. Di sepanjang tahun kemarin, kedua negara bersitegang usai Australia serukan penyelidikan mengenai asal usul covid-19.
 
"Hubungan perdagangan Tiongkok-Australia sangat penting. Itu saling menguntungkan. Sumber daya kami telah membantu menopang pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan kami menyambutnya," kata Frydenberg, dilansir dari CNBC International, Selasa, 26 Januari 2021.
 
"Pada saat yang sama, Tiongkok telah menjadi pasar yang sangat penting bagi Australia dan ekspor kami ke Tiongkok telah membantu meningkatkan pendapatan di sini di Australia, menjadi sumber pendapatan dan penciptaan lapangan kerja yang penting," tambah Frydenberg.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hubungan antara dua mitra dagang utama memburuk tahun lalu ketika Australia mendukung seruan untuk penyelidikan internasional atas penanganan covid-19 di Tiongkok yang pertama kali dilaporkan di Kota Wuhan, Tiongkok.
 
Tiongkok mengambil beberapa langkah pada tahun lalu dengan membatasi impor Australia, mulai dari pengenaan tarif baru hingga pemberlakuan larangan. Canberra, pada bagiannya, meminta Organisasi Perdagangan Dunia untuk menengahi perselisihan mereka mengenai bea atas jeli Australia di pasar Tiongkok.
 
Australia adalah salah satu dari sedikit negara maju di dunia yang mengekspor lebih banyak daripada mengimpornya ke Tiongkok. Sementara Perdana Menteri Australia Scott Morrison terbuka untuk pertemuan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, dan dia hanya akan melakukannya jika tidak ada persyaratan yang terlampir.
 
Media lokal di Australia mengatakan tahun lalu bahwa kedutaan besar Tiongkok di sana mengancam Pemerintah Australia dan dilaporkan menyampaikan keluhannya terhadap Canberra. Sedangkan Frydenberg mengatakan Australia memiliki pengertian yang jelas tentang kepentingan nasionalnya sendiri di bidang keamanan, investasi asing, serta hak asasi manusia.
 
"Kami akan terus mengadvokasi dan berbicara untuk kepentingan nasional Australia tetapi itu tidak boleh menghalangi, sekali lagi, hubungan yang kuat di kawasan ini dan secara historis, kami telah memiliki kemitraan yang sangat baik dengan Tiongkok dan kami ingin melihat hal itu berlanjut," pungkasnya.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif