Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna (kedua dari kiri). Foto: dok Shopee.
Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna (kedua dari kiri). Foto: dok Shopee.

Ini Solusi agar UMKM Lokal Makin Ketiban Cuan

Antara • 09 Agustus 2022 19:34
Jakarta: Shopee terus membantu jenama dan pengusaha lokal semakin mudah mendapatkan perhatian calon pembeli. Perusahaan teknologi ini memfasilitasi para pengusaha dan pembeli produk lokal agar meraup untung dengan beberapa pembaruan fitur di laman "Shopee Pilih Lokal" yang pertama kali diluncurkan pada April 2021.
 
Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, selain memudahkan pencarian produk lokal berkualitas, program ini juga membantu para pengusaha lokal untuk mendapatkan akses pelatihan, pendampingan, dan ekspor agar dapat naik kelas.
 
"Saat membuka Shopee Pilih Lokal, Shopee kini menempatkan fitur ini dilaman depan aplikasi Shopee. Ikon ini dibuat cukup mencolok dengan logo baru berbentuk gunungan wayang berwarna biru dengan aksen merah putih di tengah. Tentunya, hal ini membantu para pengunjung di dapat mengakses laman Shopee Pilih Lokal dengan lebih mudah," jelas dia, dilansir Antara, Selasa, 9 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan, dalam laman utama Shopee Pilih Lokal, pengunjung dapat melihat fitur bilah pencarian (search bar) di bagian paling atas yang memungkinkan calon pembeli untuk mencari berbagai produk lokal yang hanya ada di laman tersebut.
 
"Contohnya ketika mengetik kata 'baju' atau 'kosmetik', maka fitur pencarian ini akan memberikan Anda sejumlah produk lokal yang paling relevan untuk pengalaman belanja lebih mudah. Selanjutnya, di bawah fitur pencarian ada beberapa fitur lainnya yang bisa dicoba. Mulai dari promo brand lokal, koleksi pilihan, hingga produk rekomendasi dengan penawaran menarik untuk pembeli," bebernya.
 
Baca juga: Menteri Teten: 86% Bisnis UMKM Bergantung Internet

Pada pembaruan Shopee Pilih Lokal kali ini, ada tiga fitur baru yang ditambahkan yaitu koleksi produk Kampus UMKM, produk lokal go global, dan koleksi UMKM binaan. Fitur koleksi produk Kampus UMKM akan menampilkan produk UMKM terbaik hasil bimbingan Kampus UMKM Shopee yang telah dikurasi.
 
Kampus UMKM Shopee merupakan salah satu program andalan Shopee yang merupakan fasilitas fisik yang menawarkan pelatihan dan pendampingan secara gratis, bertujuan untuk membina dan mengembangkan para pengusaha lokal. Selain memberikan pengetahuan tentang bagaimana berjualan online dengan efektif, program ini juga mengarahkan penjual untuk meningkatkan kualitas produknya.
 
Kemudian produk lokal go global menghadirkan produk-produk dari UMKM lokal yang telah mengikuti program ekspor Shopee. Ragam produk lokal yang ditampilkan oleh fitur ini, merupakan produk yang sudah diekspor ke berbagai negara. "Jadi untuk pengunjung yang ingin mencari ragam produk keren berkualitas yang sudah go global, atau para penjual yang ingin bergabung di Program Ekspor Shopee, bisa langsung cek laman ini," jelasnya.
 
Selanjutnya fitur koleksi UMKM binaan menjadi ruang bagi para pengusaha lokal yang telah mengikuti program Bimbel Shopee. Para pengunjung maupun calon pembeli, disuguhkan dengan kurasi produk terbaik karya UMKM lokal yang telah mengikuti Program Bimbel Shopee dan Sobat UKM.
 
(AHL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif