Komunitas UMKM usAHA terus melakukan kampanye agar masyarakat membeli produk-produk UMKM lokal. Foto: ist.
Komunitas UMKM usAHA terus melakukan kampanye agar masyarakat membeli produk-produk UMKM lokal. Foto: ist.

Borong Usaha Jadi Cara Jitu Memajukan Produk UMKM Lokal

Ade Hapsari Lestarini • 15 Desember 2021 22:10
Jakarta: Ekonomi Indonesia mulai bangkit dengan menggeliatnya pelaku Usaha, Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM). Masyarakat pun diimbau untuk memajukan produk UMKM lokal dengan membeli dagangan mereka.
 
Kelompok Komunitas UMKM usAHA binaan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga terus melakukan kampanye agar masyarakat membeli produk-produk UMKM lokal melalui kegiatan Borong Usaha.
 
"Pesan dari kegiatan Borong usAHA ini agar masyarakat membeli jajanan dari pedagang-pedagang kecil. Sehingga bisa menggerakkan kembali perekonomian yang sempat terpuruk," kata Koordinator Komunitas UMKM usAHA Kabupaten Bandung Barat, Hendra Mahfudin, saat ditemui di lokasi usAHA Borong Usaha, Padalarang, dikutip dalam keterangan resminya, Rabu, 15 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hendra mengungkapkan, UMKM yang bergabung dalam komunitas UMKM usAHA di Bandung Barat saat ini totalnya sebanyak 316 yang tersebar di sembilan kecamatan, yakni Padalarang, Lembang, Laprak, Cikalong Wetan, Cipatat, Saguling, Cihampelas, Cililin, dan Batujajar. UMKM tersebut rata-rata merupakan pedagang kaki lima dan warung kelontong.
 
Dia berharap, kelompok UMKM usAHA bisa terus menebar kegiatan positif yang bermanfaat dan menginspirasi para UMKM. "Harapan Saya ke depan ada program baru lagi yang bermanfaat buat UMKM," kata Hendra.
 
Kelompok UMKM usAHA binaan Airlangga Hartarto memborong dagangan para pedagang kaki lima di Jawa Barat dengan titik kegiatan Borong usAHA diadakan di Kabupaten Bandung Barat, yakni di Kampung KPAD Sejahtera, Kecamatan Padalarang.
 
Lilis (39), penjual jajanan bakso hari itu dagangannya diborong sebanyak 200 bungkus. "Kebetulah Saya sudah lama gabung UMKM usAHA. Jadi sebelum ini juga pernah ikut pelatihan, dan bantuan berupa kantong belanja gratis untuk pembeli," ujar Lilis.
 
Sementara Eko, pedagang es susu yang juga diborong dagangannya, menilai kegiatan program ini adalah langkah yang tepat di masa pemulihan ekonomi pascapandemi. Pasalnya, banyak pekerja perusahaan yang terkena PHK memilih untuk berdagang. Sehingga kegiatan ini bisa memberi semangat pada wirausahawan baru.
 
"Menurut saya programnya sudah bagus. Yang membantu pemulihan ekonomi saat ini kan memang UMKM. Karyawan swasta yang kena PHK saja pada jualan sekarang, makanya harus didukung," tegas Eko.
 
Selain di Bandung Barat, UMKM usAHA dalam Minggu ini melakukan kegiatan serupa di Sukabumi, Cimahi, dan Kota Bandung. Kegiatan yang dijalankan tidak hanya memborong usaha UMKM, ada pemberian bantuan modal usaha mikro dan program usAHA Kita, yang membantu UMKM anggota komunitas untuk mempromosikan usahanya lewat digital marketing.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif