Ilustrasi pameran Indo Virtual Fair. Foto: Medcom.id
Ilustrasi pameran Indo Virtual Fair. Foto: Medcom.id

Pameran UMKM Virtual Bantu Dongkrak Perekonomian

Ade Hapsari Lestarini • 23 April 2021 20:22
Jakarta: Awal pandemi covid-19 membuat seluruh dunia usaha berhenti. Bahkan, tak sedikit dari para pelaku Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bisnisnya tumbang. Namun demikian, kendati masih pandemi, perlahan ekonomi mulai menggeliat. Di era new normal, terjadi perubahan perilaku masyarakat. Mau tak mau, semua beralih menjadi digital.
 
UMKM pun didorong untuk bangkit demi kembali memajukan perekonomian Indonesia. Berbagai cara pun dilakoni oleh pegiat industri Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE), termasuk pameran, untuk mendukung agar eksistensi UMKM terus berjaya.
 
Pegiat industri MICE pun mencari bentuk baru bagaimana agar agenda massal ini dapat berlangsung tanpa melanggar protokol kesehatan dan tidak berpotensi menyebarkan covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pandemi membuat kegiatan dibatasi. Oleh karena itu kami membuat pekan raya Indo Virtual Fair 2021 untuk mendongkrak perekonomian," jelas CEO dan Founder Indo Virtual Fair 2021 Ronald Kamijaya, saat konferensi pers virtual, Jumat, 23 April 2021.
 
Ronald menjelaskan, Indo Virtual Fair 2021 merupakan event yang dibangun di atas lahan virtual seluas 25 hektare (ha). Ke depannya dia berharap Indo Virtual Fair 2021 menjadi penggerak ekonomi untuk pengusaha dan UMKM.
 
"Kita ini targetnya UMKM di masa pandemi seperti ini, saya ingin membantu UMKM menjadi salah satu pahlawan roda ekonomi bangsa. Dalam event ini ada sekitar 200 UMKM yang terlibat mulai dari gadget sampai hobi," tambahnya.
 
Pameran ini berlangsung pada 16 April sampai 15 Juni 2021 dan menerapkan teknologi internet of thing atau IOT sebagai alat untuk bertatap muka dan promosi. Event ini memadukan berbagai jenis pameran, mulai dari belanja, travelling, kebutuhan sehari-hari, sampai aneka hiburan.
 
"Pengunjung pameran dapat menggunakan fitur first person view atau jelajah di dalam aplikasi Kami VV agar dapat merasakan bagaimana berkeliling pameran dalam bentuk virtual," pungkasnya.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif