Jonan Ungkap Rahasia Tagihan Listrik Bisa Turun Drastis
Ilustrasi (MI/Bagus Suryo)
Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berbagi rahasia kepada anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) terkait kiat agar tagihan listrik tak membengkak.

Dalam rapat bersama Komisi VII DPR, Jonan mengatakan, selama ini dirinya memanfaatkan panel surya atau rooftop solar yang merupakan penggunaan alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya matahari menjadi listrik. Alat tersebut sudah terpasang di rumah pribadi maupun rumah dinas.

Jonan menegaskan alat tersebut terbilang ampuh membuat tagihan listrik di rumahnya lebih murah. "Saya sudah coba rumah saya pribadi 15,4 kWp dan tagihan mungkin Rp5 juta atau Rp4 juta, menjadi mungkin enggak sampai Rp1 juta sekarang," kata Jonan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 19 Juli 2018.



Mantan Menteri Perhubungan (Menhub) ini pun berniat untuk menerapkan pemanfaatan panel surya untuk pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) jenis tertentu, misalnya, rumah tangga golongan 1 (R1) atau R4 hingga dunia usaha.

"Kita akan membuat peraturan untuk mendorong semua pelanggan listrik PLN juga memesan rooftop solar panel pembangkit listrik tenaga surya. Saya tidak tahu animo sebesar apa, tapi kalau ditawarkan kepada pelanggan PLN R1-R4 dan juga golongan bisnis, mungkin Pak, bisa dalam 5-10 tahun tambah 10 ribu MW," pungkas dia.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id