PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Dok : MI.
PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Dok : MI.

Bos PGN: Integrasi Saka Energi Masih Proses Pembicaraan

Ekonomi perusahaan gas negara (pgn)
Husen Miftahudin • 12 Februari 2019 20:13
Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara (PGN) menyatakan anak usaha perseroan yang bergerak di sektor hulu migas, PT Saka Energi Indonesia, masih milik perusahaan. Integrasi Saka Energi dengan PT Pertamina (Persero) masih dalam proses pembicaraan tahap awal.
 
"Saka itu 100 persen masih milik PGN. Secara sub holding gas, kita kan lebih fokus kepada transmisi distribusi dan ritel gas listrik. Makanya Saka itu harus kita integrasikan dengan Pertamina, tapi ini masih dalam proses pembicaraan," ungkap Direktur Utama PGN Gigih Prakoso di Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Februari 2019.
 
Gigih menerangkan, PGN dan Pertamina masih menjajaki pembahasan tahap awal ihwal proses integrasi Saka Energi. Dalam prosesnya, integrasi itu meliputi due diligence dan penentuan valuasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentunya ada valuasi, due diligence. Tapi valuasinya belum, belum tahu," ungkap dia.
 
PGN, jelas Gigih, akan melepas Saka Energi dengan penuh hati-hati. Dia mengatakan butuh waktu untuk mencapai proses tata kelola perusahaan yang baik alias Good Corporate Governance (GCG) di Saka Energi.
 
"Jadi tentunya betul-betul nanti timeline-nya harus kita sesuaikan," beber dia.
 
Proses integrasi, sebut Gigih, dimungkinkan terjadi pertukaran aset antara PGN dan Pertamina. "Semua kemungkinan bisa saja dilakukan, selama disepakati kedua belah pihak," tuturnya.
 
Gigih memastikan, Saat ini pihaknya tengah fokus untuk memperbaiki kinerja Saka Energi. "Tugas PGN sekarang tetap memperbaiki kinerja Saka," pungkas dia.
 
Dalam pembentukan holding BUMN Migas, Kementerian BUMN berencana membentuk beberapa sub holding. Dalam tahap awal, sub holding gas dibentuk dengan menyatukan PGN dan Pertagas.
 
Setelah sub holding gas terbentuk, holding BUMN Migas akan membentuk sub holding hulu yang rencananya memasukkan Saka Energi Indonesia ke dalam direktorat Hulu Pertamina. Saka Energi akan digabung dengan anak usaha Pertamina lainnya di sektor hulu seperti Pertamina Ekplorasi dan Produksi (PEP) dan Pertamina Hulu Energi (PHE).
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif