Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

Tak Perlu Bangun Listrik EBT, Cukup Beli ke PLN

Ekonomi pln
Suci Sedya Utami • 14 Agustus 2019 20:00
Jakarta: PT PLN (Persero) mengimbau agar konsumen tidak perlu repot untuk membangun listrik yeng bersumber dari energi baru terbarukan (EBT) atau renewable energy (RNE) seperti dengan memasang solar PV (fotovoltaik) atau rooftop solar panel.
 
Direktur Gas and Geothermal PLN Yudistian Yunis mengatakan perusahaan juga menyediakan listrik berbasis EBT. Dia bilang konsumen lebih baik memanfaatkan EBT milik PLN yang sudah tersedia.
 
"Orang itu enggak perlu bikin RNE, beli saja dari PLN. Kita punya RNE banyak," kata Yudistian pada Medcom.id, di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yudistian mengatakan perseroan memiliki EBT dengan kapasitas yang besar di listrik. Misalnya untuk panas bumi atau geotermal hingga 2018 sebesar 1.948,5 megawatt (mw). Kemudian ada juga tenaga surya dan mikro hidro sebesar 332 mw dan bioenergi sebesar 1.857,5 mw.
 
"Keandalannya bisa dipegang. Itu PLN tawarkan supaya orang memanfaatkan RNE di tempatnya. Kami memberikan kesempatan pada konsumen untuk menikmati energi terbarukan," tutur dia.
 
Meskipun memang diakui Yudistian, masayarakat diperbolehkan untuk membangun EBT. Namun dia bilang lebih baik masyarakat memanfaatkan yang sudah ada.
 
Yudistian menjelaskan PLN memiliki tiga penawaran khusus untuk energi bersih ini. Pertama layanan biru yang berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
 
Kedua layanan hijau yang bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) atau PLTA. Ketiga layanan kristal dengan pembangkit jenis apapun sesuai keinginan konsumen. Tarif layanan khusus ini, lanjut Yudistian lebih mahal 15-44 persen dari listrik biasa.
 
"Kami berikan sertifikat untuk pengguna energi terbarukan," jelas dia.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif