Ilustrasi (MI/ANGGA YUNIAR)
Ilustrasi (MI/ANGGA YUNIAR)

PGN Berencana Lepas Anak Usahanya

Ekonomi perusahaan gas negara (pgn)
Desi Angriani • 23 Januari 2019 07:20
Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara (PGN) berencana untuk melepas anak perusahaannya, PT Saka Energi. Opsi tersebut diambil menyusul pembentukan induk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) migas.
 
Direktur Komersial PGN Danny Praditya mengatakan Holding Migas memaksa terjadinya pembagian cluster sub bisnis. Artinya Saka yang bermain di hulu migas kurang pas bila tetap berada di bawah PGN yang bisnisnya berada di hilir gas.
 
"Memang dari sub holding gas ada pembagian cluster sub bisnis hari ini, manajemen PGN dan Pertamina melakukan penyesuaian opsi apa yang paling baik tentunya," ujarnya, kepada Medcom.id, saat ditemui di acara HUT ke-49 Media Indonesia di Metro TV, Kedoya, Jakarta, Selasa, 22 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun demikian, PGN masih membicarakan tentang bentuk dan posisi Saka Energi dengan Pertamina selaku holding sektor Migas. Dengan kata lain, belum ada keputusan pasti mengenai rencana pelepasan Saka Energi dari tubuh PGN.
 
"Belum ada definite, tapi kita sedang memikirkan mana opsi yang baik," imbuh dia.
 
Adapun pembentukan Holding Migas diyakini mampu membawa efek positif bagi ketahanan energi di Indonesia. Upaya tersebut bakal memberikan nilai tambah bagi aset negara hingga Rp942 triliun.
 
Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo telah menandatangani PP Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) Indonesia ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif