SKK Migas Sebut Target <i>Lifting</i> Migas Tidak Tercapai
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan)
Jakarta: Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat lifting minyak dan gas (migas) bumi hanya mencapai 1,923 juta setara barel minyak per hari (BOEPD) di sepanjang semester I-2018. Artinya angka itu tidak mencapai target di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 yang sebesar 2 juta boepd.

Bahkan, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi menjelaskan, jumlah lifting migas sebesar 1,923 juta BOEPD tercatat menurun dibandingkan dengan pencapaian di semester satu tahun lalu yang mencapai 1,934 juta BOEPD. Tentu harus ada upaya bersama untuk memaksimalkan pencapaian target tersebut.

"Rincian lifting migas di enam bulan pertama tahun ini ‎terdiri dari minyak bumi sebesar 771 ribu BOPD dari target 800 ribu BOPD, sedangkan lifting gas bumi sebesar 1,15 juta BOEPD dari target yang sebesar 1,2 juta BOEPD," ujar Amien, ditemui dalam acara 'Media Briefing Kinerja SKK Migas di Semester I-2018', di Gedung City Plaza, Jakarta, Jumat, 6 Juli 2018.

‎‎Amien mengatakan ada beberapa hal yang menyebabkan lifting migas tak tercapai. Untuk sektor gas, lanjutnya, karena pembelinya sangat sedikit dan ada masalah dengan infrastruktur pipa gas. Sedangkan sektor minyak, banyak lapangan minyak yang saat ini sudah tua sehingga produksinya tidak mengalami peningkatan.

"S‎upaya bisa ditutup harus ada bor baru. Nah kalau pengeboran eksploitasi baru jumlah tidak sesuai target, tambahan produksi tidak sesuai target. Jadi sumur itu pasti produksi decline. Supaya jaga tidak decline, harus lakukan pengeboran. Kalau pemboran tidak terlaksana semua, tambahan pemboran baru tidak sesuai yang direncanakan," jelas Amien.

Produksi migas, sambung dia, terus akan didorong agar bisa mencapai target. Hal itu dengan cara melakukan percepatan penyelesaian proyek dan memprioritaskan kegiatan yang menjaga tingkat produksi.

"Setidaknya ada lima proyek yang mulai berproduksi di 2018 yang akan memberikan tambahan 7.800 BOPD dan 98 juta kaki kubik per hari hingga akhir tahun ini," tutup Amien.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id