Ilustrasi (MI/Galih Pradipta)
Ilustrasi (MI/Galih Pradipta)

PGN Tambah 80 Ribu Sambungan Gas Rumah Tangga

Ekonomi perusahaan gas negara (pgn)
Desi Angriani • 23 Januari 2019 07:10
Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara (PGAS) (Persero) Tbk berencana menambah 80 ribu jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga di kabupaten/kota tahun ini. Penambahan tersebut untuk memenuhi target 4,7 juta rumah tangga yang tersambung dengan jaringan gas.
 
"Sebentar lagi ada penambahan 80 ribu untuk 2019 di beberapa kabupaten/kota," ujar Direktur Komersial PGN Danny Praditya kepada Medcom.id, saat ditemui di acara HUT ke-49 Media Indonesia, di Metro TV, Kedoya, Jakarta, Selasa, 22 Januari 2019.
 
Danny mengungkapkan dana pembangunan jaringan gas ini mencapai Rp800 miliar. Pembiayaan tersebut merupakan kombinasi antara Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPBU merupakan skema pembayaran secara berkala oleh Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK) kepada Badan Usaha Pelaksana (BUP) atas ketersediaan layanan infrastruktur sesuai dengan kualitas yang ditentukan dalam perjanjian.
 
Skema tersebut dinilai bisa mempercepat pembangunan jargas daripada hanya mengandalkan dana APBN. "Nanti akan kita kombinasikan semua pembiayaan itu, ada yang dari APBN, atau skema yang kita usulkan seperti KPBU," ungkap dia.
 
Perusahaan gas pelat merah ini pun akan terus memperluas jangkauan penyaluran gas bumi kepada pelanggan industri yang baru. Sepanjang 2017, perseroan berhasil menambah sambungan gas bumi ke pelanggan industri sampai dengan 114 industri.
 
Adapun industri yang mendapatkan sambungan gas dari PGN tersebut tersebar mulai dari Sumatera bagian utara, Batam, Palembang, Lampung, Cilegon, Jabodetabek, Jawa Bagian Tengah dan Jawa Bagian Timur.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif