Ilustrasi (MI/SUSANTO)
Ilustrasi (MI/SUSANTO)

PLN Siapkan Investasi Rp90 Triliun di 2019

Ekonomi listrik pembangkit listrik pln tarif listrik
Suci Sedya Utami • 11 Januari 2019 08:28
Jakarta: PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) menyiapkan dana investasi di 2019 sebesar Rp80 triliun hingga Rp90 triliun. Anggaran itu disiapkan guna menjalankan amanah yang diberikan terutama mengaliri listrik di seluruh wilayah di Indonesia dan mewujudkan ketahanan energi.

Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto menjelaskan besaran investasi tersebut tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Menurut Sarwono besaran dimaksud bisa naik atau turun sesuai dengan kebutuhan di masa mendatang.

"Ya sekitar Rp80 triliun-Rp90 triliun lah, tapi nanti tergantung kebutuhan-kebutuhan di lapangan juga," kata Sarwono, di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kamis malam, 10 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Sarwono mengatakan untuk meningkatkan besaran investasi perseroan berencana menerbitkan kembali obligasi global atau global bond. Namun dirinya belum mau merinci terkait rencana penerbitan tersebut untuk tahun ini. "Nanti kita lihat, kita masih punya uang. Tapi pilihan kita itu banyak, enggak cuma global bond, ada lokal bond, kita juga bisa pilih pinjaman, sekuritisasi. Kita pilih mana yang paling bagus, murah, tepat waktu dan harga yang tepat," tutur dia.

Lebih jauh, dia menambahkan, dana-dana tersebut tentunya diperuntukkan untuk membiayai pembangunan pembangkit 35.000 MW. Sebab, diakui Sarwono, program pembangunan tersebut membutuhkan banyak pendanaan.


(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi