280 Ribu Rumah di Jabar Nikmati Sambungan Listrik Gratis

Husen Miftahudin 20 Oktober 2018 13:16 WIB
listrikpln
280 Ribu Rumah di Jabar Nikmati Sambungan Listrik Gratis
Ilustrasi. (FOTO: MI/Irfan)
Bandung Barat: General Manager Unit Induk Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana menyampaikan sebanyak 280 rumah golongan tidak mampu telah mendapat sambungan listrik gratis. Di Jawa Barat, rupanya program sambungan listrik gratis telah berlangsung sejak 2001.

"Program sambungan listrik gratis awalnya dari pemerintah provinsi (pemprov) dan beberapa pemerintah kabupaten. Program dari pemprov itu dari 2001," ujar Iwan Puteri Gunung Hotel, Jalan Tangkuban Perahu, Lembang, Bandung Barat, Sabtu, 20 Oktober 2018.

Sambungan listrik gratis ditujukan kepada masyarakat tidak mampu dengan daya 450 volt ampere (VA). "Dari dulu itu pemprov bangun jaringan plus memberikan sambungan gratis ke masyarakat," bebernya.

Sejak pertengahan 2018, jelasnya, PT PLN (Persero) bersama 34 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberi komitmen dengan memberi subsidi kepada rumah masyarakat tidak mampu. Sambungan listrik berdaya 450 VA digratiskan.

"Jadi PLN kasih diskon Rp500 ribu, BUMN juga menanggung Rp500 ribu. Saat pemasangan juga di dalamnya diberikan Rp20 ribu untuk token perdana karena prabayar," jelas Iwan.

Saat ini, PLN tengah gencar menyosialisasikan penggunaan listrik prabayar dengan token. Menurut Iwan, penggunaan listrik prabayar diyakini mampu mendorong percepatan elektrifikasi seluruh wilayah Indonesia.

"Sambungan prabayar ini kita enggak khawatir, karena yang enggak mampu dia listriknya otomatis mati. Kalau modelnya dipasang pascabayar, dicabut meterannya, enggak bakal selesai-selesai. Nanti dia enggak berlistrik lagi," beber dia.

Adapun sebanyak lebih dari lima juta pelanggan di Jawa Barat telah menggunakan listrik prabayar. "Makanya yang sambungan listrik gratis 100 ribu di Jawa Barat itu prabayar," pungkas Iwan.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id