Founder dan CEO Baran Energy Victor Wirawan. (FOTO: Medcom.id/Nia Deviyana)
Founder dan CEO Baran Energy Victor Wirawan. (FOTO: Medcom.id/Nia Deviyana)

Berhemat Biaya Listrik dari Energi Terbarukan

Ekonomi listrik energi terbarukan
Nia Deviyana • 18 Juli 2019 14:27
Jakarta: Baran Energy meluncurkan energistorage system, yakni baterai penyimpanan energi skala besar yang memanfaatkan solar panel untuk menghasilkan energi dari matahari, angin, air, dan sebagainya.
 
Founder dan CEO Baran Energy Victor Wirawan mengatakan teknologi ini sebagai upaya menjawab tantangan pemerintah dalam menerapkan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada 2025, serta membantu masyarakat untuk menghemat biaya listrik.
 
"Visi dan misi kita mempercepat penggunaan EBT dan mobilisasi elektrik di Indonesia. Yang biasanya renewable energy itu kesannya tinggi biayanya, kita buat skemanya bagaimana caranya masyarakat tetap bisa memiliki," ujar Victor di XXI Epicentrum Kuningan, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun produk yang dikembangkan memiliki tiga varian yang diklaim ramah lingkungan. Pertama adalah PowerWall yang berkapasitas 8,8 kWh yang bisa digunakan untuk perumahan dan industri kecil seperti kafe.
 
Kedua yakni PowerPack 126 kWh untuk industri menengah. Kemudian, PowerCube 1,2 MWh untuk industri berskala besar seperti pabrik dan pertambangan.
 
"Produk yang kami launching kepada masyarakat untuk saat ini masih PowerWall," imbuhnya.
 
Lebih Murah
 
Victor mengklaim menggunakan energi storage system lebih hemat dibandingkan berlangganan listrik. Perusahaannya juga menyediakan garansi selama 10 tahun.
 
"Dengan energi storage biayanya bisa empat kali lipat lebih rendah," tutur dia.
 
Victor berasumsi orang menggunakan listrik 2.000 watt dengan tagihan Rp1,5 juta per bulan. Dalam 20 tahun mendatang maka tagihan yang perlu dibayar sebesar Rp360 juta.
 
"Dengan energi storage, daya 2.000 watt dibanderol dengan harga Rp234 juta yang bisa bertahan sampai 20 tahun," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif