Ilustrasi (MI/Bagus Suryo)
Ilustrasi (MI/Bagus Suryo)

Konsumsi Listrik Nasional Meningkat Jadi 1.064 KWH/Kapita

Ekonomi listrik pembangkit listrik kementerian esdm tarif listrik
Ilham wibowo • 05 Januari 2019 08:40
Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat realisasi konsumsi listrik nasional meningkat di sepanjang 2018 menjadi 1.064 kWh per kapita. Hasil ini dinilai menunjukkan tren positif menuju kesetaraan konsumsi di negara maju.
 
"Konsumsi listrik membaik sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, yakni 1.064 kWh," ucap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, di ruang Sarula, Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat, 4 Januari 2019.
 
Catatan 2018 lebih tinggi dari capaian di 2017 dan 2016 yang masing-masing 1.012 kWh dan 956 kWh. Peningkatan konsumsi listrik di tahun mendatang bakal dilakukan seiring peningkatan akses, elektrifikasi, dan pertumbuhan ekonomi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mendorong pengembangan kendaraan listrik dan kompor listrik," ucapnya.
 
Jonan menambahkan unsur jaringan listrik juga menurun sepanjang 2018. Realisasinya kini menjadi 9,6 persen dari 9,7 persen di 2017. "Artinya penyaluran listrik semakin baik sehingga biaya produksi listrik lebih efisien," ucapnya.
 
Berbagai upaya bakal dilakukan terutama dalam peningkatan pengawasan untuk mencegah pencurian listrik. Selain itu, modernisasi penyaluran metering listrik juga terus ditingkatkan.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif