Menteri ESDM Ignasius Jonan. (FOTO: MI/Adam Dwi)
Menteri ESDM Ignasius Jonan. (FOTO: MI/Adam Dwi)

Regulasi Energi Bakal Dipermudah untuk Serap Tenaga Kerja

Ekonomi
Ilham wibowo • 04 Januari 2019 19:15
Jakarta: Pemerintah memastikan bakal menggulirkan kebijakan yang efektif terhadap peningkatan investasi. Penanaman modal bakal diberikan kemudahan akses.
 
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan penanaman modal memberikan dampak besar terhadap ekonomi khususnya penyerapan tenaga kerja. Setiap tahunnya modal masuk di sektor ESDM mampu menyerap 2 juta sampai 2,5 juta orang tenaga kerja sehingga kemudahan investasi akan terus ditingkatkan.
 
"Soal kemudahan perizinan, sesuai arahan Presiden Jokowi, kami sudah mencabut 186 regulasi dan perizinan yang dicabut selama 2018," kata Jonan di ruang Sarula Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat, 4 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, pertumbuhan investasi di sektor ESDM masih menjadi fokus utama di 2019. Beberapa regulasi yang dianggap rumit bakal menjadi target untuk disederhanakan.
 
"Tapi kita lihat lagi tahun ini apa lagi yang bisa disederhanakan untuk mendorong investasi yang berbanding lurus dengan penyerapan tenaga kerja," ungkapnya.
 
Jonan memaparkan, regulasi dan perizinan yang telah dicabut di sektor minyak dan gas bumi sebanyak 56. Hal serupa juga dilakukan untuk sektor batu bara sebanyak 96, listrik 20, dan energi baru terbarukan 14.
 
"Kita ingin menciptakan iklim investasi yang friendly," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif