Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya)
Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya)

Laba Bersih Pertamina Menyusut Lagi di 2018

Ekonomi pertamina
Suci Sedya Utami • 26 Maret 2019 17:30
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan laba bersih PT Pertamina (Persero) di 2018 menyusut dibandingkan 2017 yang tercatat sebesar USD2,41 miliar.
 
Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan saat ini pihaknya juga masih menunggu audit yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Oleh karenanya dia belum bisa menyebutkan besaran perolehan laba tersebut.
 
"Pasti (laba bersih) di bawah 2017," kata Fajar ditemui di Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 26 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya mengatakan penurunan laba tersebut utamanya dikarenakan oleh harga minyak dunia yang mengalami penurunan. Tahun lalu harga minyak berada jauh di bawah USD100 per barel sehingga memengaruhi laba perseroan.
 
"Wong harga minyak juga lebih rendah. Kalau penugasan kan ada yang diganti," tutur dia.
 
Namun dia tidak memungkiri jika keputusan untuk tidak menaikkan harga BBM, terutama premium, ikut berpengaruh. Meskipun nantinya untuk penugasan premium terkait BBM satu harga tentu akan mendapat penggantian dari pemerintah.
 
"Enggak boleh naikkan harga BBM. Kalau yang Pertamax Series, Pertamina dex itu kan ikut (naik) tapi premium pertalite kan enggak, tapi pertalite naik sedikit. Itu besar (pengaruhnya)," jelas dia.
 
Pertamina sebelumnya mencatat kenaikan pendapatan 17 persen di 2017. Dari USD36,4 miliar di 2016 menjadi sebanyak USD42,86 miliar atau setara dengan Rp565 triliun. Adapun dari pendapatan tersebut, Pertamina membukukan laba sebesar USD2,41 miliar. Laba ini turun dibanding 2016 yang mencapai USD3,15 miliar.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif