Presiden Joko Widodo/Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli
Presiden Joko Widodo/Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli

Kembalinya Freeport Momen Bersejarah

Ekonomi freeport
Achmad Zulfikar Fazli • 21 Desember 2018 16:57
Jakarta: Mayoritas saham PT Freeport Indonesia resmi di tangan pemerintah. Saham itu dipegang Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Inalum.

"Disampaikan bahwa saham PT Freeport 51,2 persen sudah beralih ke PT Inalum dan sudah lunas dibayar," tegas Presiden Joko Widodo dalam konferensi pers, Jumat, 21 Desember 2018.

Konferensi pers digelar setelah Jokowi menerima penjelasan para menteri terkait, pejabat Inalum, dan Direktur Utama Freeport McMoRan Richard Adkerson di Istana Merdeka, Jakarta. Peralihan saham menjadi momen bersejarah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: Hari Ini Freeport Kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi Momen ini menjadi awal mayoritas saham Freeport berhasil kembali direbut pemerintah. Presiden ke-7 Indonesia itu berjanji kepemilikan saham mayoritas digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Dengan begitu, income pendapatan baik pajak, nonpajak, dan royalti menjadi lebih baik.

"Dan juga masyarakat di Papua juga akan mendapatkan 10 persen dari saham yang ada. Dan tentu saja papua dapat pajak daerahnya," ujar dia.

Jokowi juga memastikan persoalan lingkungan sudah selesai dan disepakati. Terutama soal smelter.

"Artinya semuanya sudah komplit dan tinggal bekerja saja," tegas Jokowi.


(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi