Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

Tingkatkan Cadangan Migas, Pemerintah Revisi Aturan Buka Data

Ekonomi migas kementerian esdm
Suci Sedya Utami • 19 Februari 2019 13:49
Jakarta: Produksi minyak nasional kian lama kian menurun. Dalam beberapa tahun terakhir penemuan cadangan minyak dari kegiatan eksplorasi cenderung mandek.
 
Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan eksplorasi membutuhkan waktu tujuh tahun hingga 10 tahun. Namun kesuksesan kegiatan eksplorasi bisa diramal hanya 20 persen.
 
Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan eksplorasi dan penemuan cadangan minyak yakni terkait dengan keterbukaan data geologi dan geofisika (G&G). Oleh karena itu pemerintah berencana merevisi aturan mengenai keterbukaan data.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Salah satunya memperbaiki dari sisi penggunaan data-data G&G kita," kata Arcandra dalam seminar energi 2019 di Soehana Hall, The Energy Building, Jakarta Selatan, Selasa, 19 Februari 2019.
 
Arcandra mengatakan nantinya revisi tersebut akan menentukan mana data yang bisa dibuka untuk publik secara gratis tanpa harus minta izin dan mana yang bersifat rahasia. Sebelumnya pemerintah pun telah membebaskan biaya untuk mengakses data bagi para calon investor atau kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) peserta lelang wilayah kerja (WK) atau blok migas. Biaya akan dibebankan pada KKKS pemenang lelang.
 
Dalam kesempatan yang sama Ketua Alumni Ikatan Geologi ITB Syamsu Alam mengatakan dengan data G&G yang lebih banyak maka akan lebih akurat. Dia bilang dengan banyaknya data yang bisa diperoleh perusahaan migas yang melakukan eksplorasi maka akan membantu mengurangi risiko serta meningkatkan rasio kesuksesan.
 
"Kalau mau tingkatkan produksi maka kita harus menemukan cadangan baru. Ini juga ada kaitannya sama persiapan data. Kalau ini bisa di-share ini bagus," jelas dia.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi