Perpanjangan Izin Usaha Freeport Tunggu Jonan Pulang dari AS

Annisa ayu artanti 26 Juni 2018 14:27 WIB
freeport
Perpanjangan Izin Usaha Freeport Tunggu Jonan Pulang dari AS
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan keputusan mengenai perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) Sementara PT Freeport Indonesia diputuskan setelah Menteri ESDM Ignasius Jonan pulang dari Amerika Serikat.

"Saya belum tahu karena Pak Jonan masih di Washington. Tunggu lah kalau dia balik, kita dengar," kata Luhut, usai halalbihalal di Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Selasa, 26 Juni 2018.

Sementara di waktu berbeda, Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM, Bambang Susigit mengatakan, perusahaan tambang raksasa asal Amerika Serikat tersebut memang sudah mengajukan perpanjangan IUPK Sementara.

Namun, pemerintah belum memutuskan apakah akan diperpanjang lagi atau tidak. Saat ini pembahasan perpanjangan IUPK Sementara Freeport Indonesia sedang dibahas di bagian hukum.

"PT Freeport Indonesia sudah mengajukan tetapi belum dijawab dan sedang dibahas dengan bagian hukum," kata Bambang saat dihubungi wartawan.

Seperti diketahui, IUPK Sementara Freeport Indonesia akan habis pada 4 Juli mendatang. Pihak Freeport melalui Executive Vice President Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan, permintaan perpanjangan sudah diajukan sebelum Lebaran.

Seperti diketahui, kali pertama pemerintah memberikan status IUPK Sementara kepada Freeport Indonesia adalah 10 Februari 2017. IUPK sementara itu berlaku hingga 10 Oktober 2017. Lalu Freeport Indonesia mengajukan perpanjangan dan pemerintah memberikan perpanjangan IUPK Pementara pertama kalinya hingga 31 Desember 2017.

Ketika IUPK Sementara itu hampir habis, Freeport mengajukan perpanjangan kembali dan pemerintah memberikan perpanjangan tersebut sampai pertengahan 2018 yaitu sampai 4 Juli 2018.

Dalam acara lawatannya ke Amerika Serikat awal pekan ini, Menteri ESDM Ignasius Jonan mengadakan pertemuan dengan Freeport Indonesia. Salah satu yang dibahas kemungkinan adalah rencana perpanjangan IUPK.



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id