Illustrasi. Dok : MI/Panca Syaukarni.
Illustrasi. Dok : MI/Panca Syaukarni.

Pemerintah Kaji Tuban Petro Jadi Anak Usaha Pertamina

Ekonomi pertamina
Nia Deviyana • 23 Mei 2019 21:32
Jakarta: Pemerintah telah menetapkan rencana untuk merestrukturisasi utang yang membelit PT Tuban Petrochemical Industries (Tuban Petro). Rencananya adalah mengonversi utang tahun jamak (multi year bond) menjadi saham, dan membuat Tuban Petro berada di bawah kendali PT Pertamina (Persero).
 
"Jadi kami sedang membahas bagaimana mekanisme untuk konversi utang menjadi saham dalam bentuk penyertaan, kemudian bagaimana Pertamina bisa ambil alih," jelas Ani, sapaannya usai Rapat Koordinasi (Rakor) di Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 23 Mei 2019.
 
Upaya ini, kata Ani, sebagai salah satu cara mempersiapkan Tuban Petro menjadi perusahaan hulu migas sehingga bisa menopang sektor hilir.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Industri petrokimia sangat dibutuhkan, dan termasuk sektor yang mendapatkan insentif. Di kita hulunya masih kosong. Jadi kita punya minyak tapi enggak punya petrochemical," terangnya
 
Ani menuturkan pemerintah sudah lama berniat menjadikan Tuban Petro sebagai penyokong hulu migas. Namun, Tuban Petro banyak terjerat masalah di masa lalu sehingga perusahaan tidak berkembang.
 
"Dulu kita sudah inginkan ini dibangun. Hanya masalah Tuban Petro, ada faktor masa lalu yang banyak sekali semenjak krisis, termasuk terjadi perubahan komposisi stakeholder," kata Ani.
 
Utang perusahaan tersebut kira-kira sebesar USD1,8 miliar. Utang berjaminan (secured loan) antara lain sebesar USD375 juta kepada Pertamina, sebesar USD140 juta kepada SKK migas, dan lain-lain. Sedangkan utang tidak berjamin pada Pertamina sebesar USD230 juta dan kepada beberapa pihak lain.
 
"Itu sekarang jumlah utangnya plus bunganya sudah cukup besar. Mereka jadi tersandera oleh kondisi itu," pungkas Ani.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif