Ilustrasi. (Foto: Antara/M Adimaja).
Ilustrasi. (Foto: Antara/M Adimaja).

Pertamina Pesimistis Pertumbuhan Penjualan Pertalite Tahun Ini

Ekonomi pertamina pertalite
Annisa ayu artanti • 28 Februari 2018 10:36
Jakarta: PT Pertamina (Persero) pesimistis terhadap penjualan pertalite tahun ini meskipun pasar pertalite dalam bauran Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dijual sangat besar.
 
Direktur Pemasaran Pertamina M Iskandar menuturkan harga minyak dunia yang tinggi membuat pertumbuhan penjualan pertalite tahun ini ditaksir tidak tumbuh pesat.
 
"Saya enggak terlalu optimistis tahun ini, kan banyak. Apalagi harga minyak terus naik," kata Iskandar di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa malam, 27 Februari 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertamina menargetkan serapan penjualan BBM nonsubsidi tahun ini sebanyak 17 juta kiloliter (kl) terdiri dari Pertamax series dan Pertamax Turbo sebanyak 3,5 juta kl dan sisanya pertalite. Pertalite diproyeksikan meningkat hanya 1,5 juta kl tahun ini.
 
Baca: Pertamina Pede Pertalite Lebih Diminati Ketimbang Shell Reguler
 
Menurutnya, meski pertalite adalah BBM nonsubsidi dan penetapan harganya mengikuti harga pasar, harga pertalite tidak boleh jauh dari premium. Hal itu juga yang menjadi pertimbangan perseroan untuk tidak menargetkan penjualan signifikan pada pertalite tahun ini.
 
"Ya itu gap harga," ucap dia.
 
Lebih lanjut, ia juga menampik, keberadaan pesaing yang juga mengeluarkan BBM berkadar RON 90 menggerus pasar pertalite signifikan. Dia bilang, pesaing hanya mengeluarkan RON 90 pada regional-regional tertentu. Sementara Pertamina menyediakan pertalite hampir di seluruh daerah di Indonesia.
 
"Ya pasti berefek. Kan pasar dibagi pasti market share akan turun. Tapi tidak signifikan. Cluster-nya masih Jabodetabek saja," jelas dia.
 
Iskandar meyakini aspek sosial masyarakat untuk menggunakan BBM dengan standar kualitas lebih baik juga semakin meningkat. Aspek tersebut diyakini akan membantu mengerek pertumbuhan penjualan pertalite.
 
"Sebetulnya secara customer sekarang minded pertalite karena kita mengendorse masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan," pungkas dia.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif