Program Sambung Listrik Gratis Jabar & Banten Telan Biaya Rp360 Miliar

Husen Miftahudin 07 Agustus 2018 19:22 WIB
pln
Program Sambung Listrik Gratis Jabar & Banten Telan Biaya Rp360 Miliar
Illustrasi. MI/PANCA SYURKANI.
Jakarta: Sebanyak 35 perusahaan pelat merah bersinergi untuk membiayai penyambungan listrik 360 ribu rumah tangga tidak mampu di wilayah Jawa Barat bagian selatan dan Banten. Program Sinergi BUMN Sambung Listrik Gratis Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu itu menelan biaya hingga Rp360 miliar.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan PT PLN (Persero) menanggung 50 persen biaya pemasangan listrik. Perusahaan negara yang bergerak di bidang ketenagalistrikan itu menggelontorkan anggaran sebanyak Rp180 miliar.

"Sementara sisanya ditanggung oleh BUMN-BUMN, kira-kira sama jumlahnya Rp180 miliar. Jadi total Rp360 miliar untuk sambungan masyarakat yang kurang mampu di Jawa Barat dan Banten," ujar Rini usai penandatanganan kerja sama Program Sinergi BUMN Sambung Listrik Gratis Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu di gedung Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Agustus 2018.

Rini menargetkan program sambungan listrik 360 ribu rumah tangga kelar pada Maret 2019. Tahap awal, sebanyak 103 ribu rumah tangga ditargetkan rampung pada 28 Oktober 2018 dengan perkiraan biaya yang dibutuhkan sebanyak Rp56,9 miliar.

Menurutnya, sebagian besar warga Jawa Barat dan Banten enggan menyambung listrik lantaran mahalnya biaya instalasi. Normalnya, biaya instalasi dan penyambungan listrik berkisar Rp900 ribu hingga Rp1,1 juta.

"Melalui program sambung listrik kali ini, PLN memberi potongan harga sebesar 50 persen untuk biaya penyambungan listrik. Sisa biayanya akan dibayarkan oleh sinergi BUMN yang turut terlibat," bebernya.

Masyarakat kurang mampu yang dipilih untuk mendapatkan sambungan listrik gratis ditetapkan berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Di Provinsi Jawa Barat, ada 334.260 kepala keluarga yang belum teraliri listrik.

Nantinya, rumah tangga kurang mampu yang mendapat bantuan program sambung listrik gratis akan mendapatkan sambungan listrik PLN berdaya 450 Volt Ampere (VA) dengan tarif bersubsidi dan sistem layanan prabayar.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id