Jangan Pengaruhi Presiden Tetapkan Dirut Pertamina
Ilustrasi gedung Pertamina. (FOTO: Antara/Andika Wahyu)
Jakarta: Pengamat Energi dari Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman menilai banyak yang memengaruhi Presiden Joko Widodo sehingga pemilihan direktur utama PT Pertamina (Persero) tidak segera ditetapkan.

Seperti diketahui akhir pekan lalu, Jumat 25 Mei, beredar kabar akan ada penetapan orang nomor satu di Pertamina. Namun hal itu dibantah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Mereka mengatakan tidak ada jadwal penetapan tersebut. Namun, nama calon direktur utama sudah diserahkan kepada Presiden.

"Sudah lazim dalam penentuan orang nomor satu di Pertamina sering terjadi tarik menarik memengaruhi Presiden," kata Yusri kepada Medcom.id, Rabu, 30 Mei 2018.

Yusri juga mengatakan seharusnya Presiden tidak terpengaruh. Presiden diminta memercayai rekomendasi dari Menteri BUMN Rini Soemarno dan segera menetapkan siapa yang akan menjadi dirut Pertamina berikutnya.

"Harusnya sesuai tupoksi, rekomendasi Menteri BUMN yang harusnya disetujui Presiden," imbuh dia.

Seperti diketahui, sejak perombakan jajaran direksi Pertamina 20 April lalu, jabatan direktur utama perusahaan migas pelat merah itu kosong. Jabatan itu sementara diduduki Pelaksana Tugas Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id