Gas Didorong Jadi Penggerak Utama Pertumbuhan Ekonomi

Achmad Zulfikar Fazli 13 September 2018 12:26 WIB
migas
Gas Didorong Jadi Penggerak Utama Pertumbuhan Ekonomi
Wakil Menteri (Wamen) ESDM Arcandra Tahar. Foto: MI/Panca Syurkani.
Jakarta: Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar bertemu dengan perwakilan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian, dan Kantor Staf Kepresidenan. Mereka mencari cara supaya gas industri menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi.

"Tadi ada Kadin, ada dari keuangan, perindustrian, oleh KSP, untuk berbicara caranya memperpanjang rantai olahan gas ini," kata Arcandra di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 13 September 2018.

Arcandra menjelaskan pihaknya akan mengeluarkan neraca gas yang cukup akurat. Dengan begitu, bakal terlihat potensi dari gas industri ini.

"Di situ (neraca gas) kita lihat potensi suplainya seperti apa, di mana di Indonesia ada kelebihan gasnya dan bisa dimanfaatkan, kita bicarakan," jelas dia.

Baca: Wamen ESDM Minta 3,6 Juta Barel Minyak Mengendap Dimanfaatkan

Arcandra menegaskan pihaknya sudah siap menjalankan hal tersebut. Saat ini, kata dia, semua sektor baik Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, Kementerian Perindustrian dan pihak terkait lainnya tinggal menyatukan strategi agar pemanfaatan gas industri ini bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

"Ini bagaimana kita bikin strategi yang menyatu, tidak terpisah-pisah antara semua sektor. Baik ESDM, maupun dari Kementerian Perindustrian, Keuangan, mungkin juga kementerian lain sehingga pemanfaatan gas untuk industri bisa berikan nilai tambah yang maksimal untuk pertumbuhan ekonomi kita," pungkas dia.



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id