Pertamina Siap Lakukan Penyesuaian Harga BBM Nonsubsidi

Suci Sedya Utami 26 November 2018 20:16 WIB
pertaminaharga bbm
Pertamina Siap Lakukan Penyesuaian Harga BBM Nonsubsidi
Ilustrasi - - Foto: MI/ Bary Fatahillah
Jakarta: PT Pertamina (Persero) memahami pergerakan harga minyak dunia harus diikuti oleh pergerakan harga jual bahan bakar minyak (BBM) untuk jenis nonsubsidi. Bila harga minyak dunia turun maka Pertamina siap menyesuaikan harga jual.

Namun demikian Corporate Secretary Pertamina Syahrial Mukhtar mengatakan, penurunan harga minyak dunia tidak serta merta langsung diikuti penurunan harga jual BBM di masyarakat. Syahrial bilang ada lag atau selisih waktu dari penurunan harga minyak dunia ke penurunan harga eceran BBM.

"Harga di-downstream dan upstream itu enggak linier langsung. Tapi bahwa itu akan disesuaikan, iya pasti," kata Syahrial di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin,  26 November 2018.

Ditemui di tempat yang sama, Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas’ud Khamid menambahkan pihaknya saat ini masih menunggu panggilan pemerintah untuk merapatkan hal tersebut. Yang jelas, lanjut dia, Pertamina bakal mengevaluasi harga jual BBM nonsubsidi.

"Kita nunggu pemerintah, rapat dengan kementerian terkait baru operator menyesuaikan," singkat Mas'ud.

Sebelumnya, Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan pihaknya akan bertemu dengan badan usaha penyalur BBM untuk membicarakan hal tersebut.

Seperti diketahui Kementerian ESDM meminta perusahaan penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi untuk menurunkan harga jual saat harga minya dunia mengalami penurunan.

Saat ini pergerakan harga minyak dunia mengalami penurunan. Mengutip data Bloomberg WTI Crude Oil untuk kontrak Januari 2019 dihargai USD54,44 per barel. Sementara Brent Crude (ICE) untuk kontrak Januari 2019 sebesar USD63,66 per barel.

"Kalau harga minyak turun, harus turun dong (harga BBM)," kata Djoko pekan lalu.




(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id