Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Produksi Migas Pertamina 2019 Ditargetkan 922 Ribu BOEPD

Ekonomi migas pertamina
Suci Sedya Utami • 18 Januari 2019 15:53
Jakarta: PT Pertamina (Persero) menargetkan produksi minyak dan gas (migas) di 2019 sebesar 922 ribu barel setara minyak per hari (boepd). Target tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan realisasi di tahun lalu yang sebesar 921 ribu boepd.
 
Mengutip data Pertamina, Jumat, 18 Januari 2019, apabila dirinci target tersebut terbagi atas minyak mentah (crude) sebesar 414 ribu barel per hari (bph). Target produksi minyak mengalami peningkatan dibandingkan realisasi produksi 2018 sebesar 392 ribu bph.
 
Serta target atas gas sebesar 2.943 mmscfd. Target ini memang lebih rendah dibanding realisasi tahun lalu yang mencapai 3.054 mmscfd.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu mengatakan target tersebut dikejar dari semua blok yang dikelola oleh Pertamina. Dharmawan mengatakan beberapa wilayah hulu yang memang menjadi fokus yakni di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.
 
Dia bilang di wilayah tersebut terdapat banyak blok migas yang dikelola oleh anak usaha Pertamina di antaranya Blok Mahakam, Blok Sanga-Sanga, Blok Simenggaris, Blok Nunukan, Blok East Kalimantan dan Attaka, juga area aset lima yang dioperasikan Pertamina EP.
 
"Kenapa kita fokus ke Kaltim dan Kaltara? Produksi mereka sangat penting untuk Kilang Balikpapan dan Kilang Bontang," kata Dharmawan di kantor Pertamina Pusat, Jakarta Pusat.
 
Adapun untuk produksi siap jual (lifting) di 2019 perseroan menargetkan sebesar 735 ribu boepd. Dengan komposisi minyak sebesar 363 ribu bph dan gas sebesar 2.160 mmscfd.
 
Lebih lanjut untuk mendukung aktivitas produksi tahun ini, Pertamina siap menggelontorkan investasi bagi sektor hulu migas dan panas bumi sebesar USD2,5 miliar atau setara Rp35,3 triliun. Nilai tersebut memang mengalami penurunan dari serapan investasi tahun lalu USD2,9 miliar.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif