Freeport Indonesia. Dok;MI.
Freeport Indonesia. Dok;MI.

Petahana Diprediksi Pamer Keberhasilan Divestasi Freeport

Ekonomi freeport
Suci Sedya Utami • 30 Januari 2019 15:59
Jakarta: Pengamat Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menilai divestasi saham Freeport Indonesia akan menjadi salah satu topik bahasan yang bakal diperdebatkan oleh para calon presiden dalam debat kedua.
 
Bhima memperkirakan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto akan mempertanyakan cara pemerintah dalam merebut saham perusahaan tambang di tanah Papua itu. Terlebih karena harus mengeluarkan dana yang besar untuk mengembalikan aset negara.
 
"Isu soal Freeport berkaitan dengan divestasi akan jadi bahan debat capres 02. Berkaitan dengan isu divestasi semu dan utang global bond Inalum yang beratkan keuangan BUMN," kata Bima pada Medcom.id, Rabu, 30 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, kata Bhima, serangan tersebut akan dengan mudah ditangkis oleh calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo. Bhima beranggapan Jokowi bakal mengklaim kesuksesan di era pemerintahan dirinya yang berhasil mengambilalih saham mayoritas Freeport Indonesia.
 
Jokowi akan memamerkan hasil kerja keras kabinetnya yang dengan cepat bisa menyelesaikan pekerjaan rumah pemerintahan terdahulu. Meskipun harus dengan cara berutang, mantan Wali Kota Surakarta itu lebih akan mengangkat persoalan manfaat yang lebih besar yang bisa didapat sehingga bisa menutup utang tersebut.
 
"Mereka akan counter dengan negosiasi Freeport memakan waktu lama dan belum tuntas di pemerintahan seblumnya. Jadi ini kesuksesan petahana. Meskipun divestasi saham dibeli lewat utang tapi keuntungan jangka panjangnya lebih besar," jelas Bhima.
 
Selain persoalan Freeport, Bhima memperkirakan isu lain yang akan diangkat yakni terkait persoalan kebijakan harga bahan bakar minyak (BBM) yang sempat direncanakan ada kenaikan. Serta juga mengenai keputusan Blok Rokan yang hak kelolanya diberikan pada PT Pertamina (Persero) namun dengan cost yang tinggi.
 
Sebagai informasi debat Pilpres 2019 babak kedua, yang hanya akan menampilkan capres tersebut, digelar 17 Februari 2019 dengan tema bahasan adalah soal energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.
 


 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif