PLN Jabar Target Sambungi Listrik Gratis 100 Ribu Rumah

Husen Miftahudin 20 Oktober 2018 11:22 WIB
listrikpln
PLN Jabar Target Sambungi Listrik Gratis 100 Ribu Rumah
General Manager Unit Induk Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana. (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)
Bandung Barat: PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat menargetkan menyambungi aliran listrik gratis bagi 100 ribu rumah masyarakat tidak mampu di 2018. Anggaran tersebut berasal dari hasil patungan antara PT PLN (Persero) dengan 34 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lewat program BUMN Sinergi.

"Tahun ini kita target sambungan listrik gratis sebanyak 100 ribu rumah. Itu hanya untuk sambungan berdaya 450 volt ampere (VA)," kata General Manager Unit Induk Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana di Puteri Gunung Hotel, Jalan Tangkuban Perahu, Lembang, Bandung Barat, Sabtu, 20 Oktober 2018.

Hingga akhir September 2018, ungkapnya, realisasi sambungan listrik gratis sebanyak 20 ribu rumah. PLN Unit Induk Distribusi Jabar terus mengebut elektrifikasi dengan melakukan koordinasi ke berbagai pihak yang terlibat.

Baca: Program Sambung Listrik Gratis Jabar & Banten Telan Biaya Rp360 Miliar

"Bisa kita kebut karena sekarang hanya masalah koordinasi. Sekarang itu kan pendataan sudah lengkap, nama sudah lengkap. Nah kemarin diskusinya penyesuaian administrasi, karena administrasi tiap BUMN kan berbeda," bebernya.

Pihak-pihak yang terlibat dalam penyambungan listrik gratis di antaranya 34 BUMN, PT Pos, PLN, instalator, serta lembaga inspeksi teknik. PLN sendiri memberi komitmen sumbangan untuk sambungan listrik sebanyak Rp500 ribu per rumah. Sisanya, ditanggung dari hasil patungan 34 perusahaan pelat merah yang terlibat.

"Jadi PLN kasih diskon Rp500 ribu, BUMN juga menanggung Rp500 ribu. Saat pemasangan juga di dalamnya diberikan Rp20 ribu untuk token perdana karena prabayar," jelas Iwan.




Adapun dana hasil patungan 34 BUMN dikumpulkan di PT Pos. Dana tersebut didistribusikan dan digunakan untuk instalatir listrik dari gardu hingga ke rumah yang dituju.

"PT Pos kemudian bayar ke instalatir, tapi si instalatir itu harus bikin surat penagihan. Sekarang lagi mensinkronkan supaya itu mulus. Jadi saya yakin tercapai 100 ribu sambungan listrik gratis tahun ini," tegas Iwan.

Bila normal, biaya sambungan listrik berdaya 450 VA sekitar Rp900 ribu hingga Rp1 juta per rumah. Rinciannya: biaya pemasangan ke PLN sebesar Rp250 ribu, satu titik lampu (instalatir) sekitar Rp125 ribu hingga Rp150 ribu, biaya sertifikasi laik operasi (SLO) Rp40 ribu.

"Total itu sekitar Rp1 juta. Tapi untuk sambungan listrik gratis ini ditanggung PLN dan BUMN lewat Sinergi BUMN. Jadi free, gratis semuanya, masyarakat tinggal nikmati listriknya," pungkas Iwan.



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id