Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Pasokan BBM di Tol Jawa dan Sumatera Terjamin

Ekonomi pertamina
Eko Nordiansyah • 29 April 2019 13:01
Jakarta: PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk tol Trans Jawa dan Sumatera selama Ramadan dan Idulfitri ini akan aman. Pada Ramadan dan Idulfitri tahun ini, Pertamina memperkirakan akan ada kenaikan kebutuhan BBM mencapai 15 persen dari biasanya.
 
SVP Retail Marketing Business PT Pertamina, Jumali, mengatakan kenaikan ini tak lepas dari tersambungnya tol trans Jawa dari Merak hingga Probolinggo. Hal ini tentunya akan berdampak pada semakin tingginya kendaraan yang melewati jalur tol tersebut, sehingga akan meningkatkan kebutuhan BBM-nya.
 
"Tahun kemarin masih ada titik yang pengoperasian sementara, tapi Alhamdulillah tahun ini terhubung, ini jadi challange bagi Pertamina siapkan sepanjang jalur tol tersebut walaupun tidak mengabaikan kebutuhan BBM di jalur reguler," kata dia dalam konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin, 29 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertamina memperkirakan konsumsi BBM di jalur tol wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta pada Ramadan dan Idulfitri 2019 diperkirakan mengalami lonjakan tertinggi hingga 300 persen dibandingkan tahun lalu, disusul Jawa Timur 140 persen, kemudian DKI Jakarta dan Jawa Barat 100 persen.
 
Baca juga: Pertamina Jamin Ketersediaan BBM dan Elpiji
 
Dirinya menjelaskan peningkatan di Jawa Tengah dan Jawa Timur tak lepas dari selesainya tol di wilayah tersebut. Untuk itu, Pertamina menyiagakan sebanyak 44 SPBU di sepanjang jalan tol di Jawa dengan rincian 31 unit di Jakarta dan Jawa Barat, delapan unit di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, serta lima unit di Jawa Timur.
 
"Khusus SPBU tol Jawa, kita siapkan 44 SPBU reguler. Dengan tambahan SPBU Mobile atau Modular di 26 titik, yakni rest area tipe B. Yang belum ada layanan BBM nanti kita siapkan SPBU temporary. Kalau tahun lalu mobile tengki yang ada dispensernya," jelas dia.
 
Sementara untuk tol Trans Sumatera, Pertamina menyiapkan empat SPBU Modular, 13 titik untuk Kiosk Pertamax Kemasan, 20 unit Motor Kemasan, serta dua lokasi Serambi Pertamax. Layanan akan tersebar di jalur tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Pematang Kayu Agung-Palembang, dan Medang-Tebing Tinggi.
 
Selama Satgas Ramadan dan Idulfitri 2019, Pertamina menjamin ketersediaan stok premium selama 21 hari, pertalite 21 hari, pertamax 22 hari, turbo 58 hari, solar 26 hari, dexlite 27 hari, dex 35 hari, avtur 48 hari. Sementara untuk elpiji stoknya aman hingga 16 hari, dan minyak tanah aman untuk 69 hari.
 

(AHL)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif