Sandiaga Langsung Pesan Bus Listrik Usai Ditantang Jokowi
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (MI/RAMDANI)
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menerima tantangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menerapkan bus listrik sebagai angkutan massal di DKI Jakarta. Adapun PT Transportasi Jakarta telah ditugaskan untuk memesan contoh bus listrik yang akan digunakan sebagai proyek percontohan.

Sandiaga mengungkapkan rencananya bus Transjakarta berbahan bakar listrik akan menggantikan bus Transjakarta berbahan bakar fosil. "Langsung dijalankan. Begitu Pak Presiden perintah saya sampaikan kita langsung pesan untuk proyek percontohan dan Presiden bilang dicoba dulu," kata Sandiaga, di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Mei 2018

Lebih lanjut, ia menjelaskan, uji coba akan dilakukan di rute-rute utama. Tidak hanya itu, tambahnya, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi mengenai penggunaan bus listrik kepada masyarakat. Hal itu dilakukan dengan harapan penggunaan bus listrik bisa optimal dan mendukung transportasi yang hemat energi dan ramah lingkungan.

"Saya mau proyek percontohan dulu di beberapa rute utama dan disiapkan prasarananya," ucap dia.



Adapun uji coba pertama diharapkan bisa dilakukan untuk transportasi Asian Games 2018. Diharapkan segala sesuatunya bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan banyak pihak. "Kita ingin kalau bisa tahun ini dicobanya. Alangkah baiknya kalau bisa pas Asian Games ada satu show case," pungkas dia.

Sebelumnya, Jokowi menantang Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk menerapkan bus listrik di DKI Jakarta, seperti yang diterapkan kota-kota di Tiongkok. Jokowi mengatakan hal itu di depan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang juga hadir dalam The 42nd Indonesian Petroleum Association (IPA) Convention & Exhibition 2018.

Ia menuturkan saat ini Tiongkok sedang gencar mengubah jenis transportasinya. Dari transportasi berbahan bakar fosil menjadi transportasi berbahan bakar listrik. Sejak 2012 hampir 100 persen bus dan angkutan umum di kota-kota Tiongkok sudah tergantikan dengan bus listrik.

Pemerintah Tiongkok pun mengganti sekitar 100 ribu bus listrik setiap tahun. "Ini dimulai dari Jakarta dulu. Di sini hadir Pak Wagub ganti jadi bus listrik," tegas Jokowi di JCC, Senayan, Jakarta.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360