Sampai April, Freeport Kirim 305 Ribu Ton Konsentrat Tembaga

Annisa ayu artanti 25 Mei 2018 06:02 WIB
freeport
Sampai April, Freeport Kirim 305 Ribu Ton Konsentrat Tembaga
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta: PT Freeport Indonesia mencatat telah mengekspor sebanyak 305 ribu ton konsentrat tembaga kepada enam negara sampai April 2018. Jumlah ekspor ini sudah 24 persen dari total kuota ekspor yang didapatkan Freeport dari pemerintah untuk periode 15 Februari 2018 sampai 15 Februari 2019 yang sebesar 1.247.866 juta.

"Realisasi ekspor yang dilakukan sampai dengan April 2018 itu jumlahnya 305.900 ton atau sekitar 24 persen dari total kuota yang kami dapatkan," ungkap Executive Vice President Freeport Indonesia Tony Wenas, di Kompleks Parlementer Senayan, Jakarta, Kamis, 24 Mei 2018.

Ekspor itu, Tony menyebutkan, dikirim kepada enam negara yakni Korea, Jepang, India, Tiongkok, Spanyol, dan Bulgaria. "Dari total kuota yang kami dapatkan dan negara tujuannya itu Korea, Jepang, India, Tiongkok, Spanyol, dan Bulgaria," kata Tony.

Adapun dari tabel presentasi Freeport Indonesia menunjukan tiga negara yang menerima konsentrat terbesar adalah Jepang sebanyak 104 ribu ton, kedua Tiongkok sebesar 88 ribu ton, ketiga Korea Selatan sebanyak 44 ribu ton, India 36,4 ribu ton, Spanyol 22 ribu ton, dan dan Bulgaria sebanyak 11 ribu ton.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sampai saat ini belum menerima laporan mengenai divestasi Freeport Indonesia yang sebelumnya ditargetkan rampung pada April 2018. "Belum (ada laporan divestasi). Masih menunggu," kata Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara, Kementerian ESDM, Bambang Gatot.

Pihak Kementerian ESDM masih menunggu laporan dari Holding BUMN Pertambangan yakni PT Inalum (Persero) terkait hasil negosiasi pembelian hak partisipasi Rio Tinto sebesar 40 persen. Ia tidak mengetahui kendala apa yang dihadapi sehingga target divestasi ini tidak selesai pada April.

"Belum, kendalanya enggak tahu dan Kementerian ESDM menunggu," pungkas Bambang.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id