Pertamina Gelar <i>Market Sounding</i> Kembangkan Kilang Balikpapan di 2018
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Jakarta: PT Pertamina (Persero) akan menggandeng mitra untuk pengembangan kilang Balikpapan. Untuk itu, Pertamina merencanakan menggelar market sounding guna pemilihan mitra tersebut di 2018 ini.

Awalnya Pertamina merencanakan pengembangan kilang sendiri, namun Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, rencana menggandeng mitra ini ada langkah lain terkait strategi perusahaan untuk membantu pendanaan investasi.

Sebab, lanjutnya, dalam membangun kilang ini investasi yang dikeluarkan terbilang besar yakni mencapai USD4 miliar. "Kita buka juga partnership dan kita juga lakukan partner selection," kata Nicke, di Komplek Parlementer Senayan, Jakarta, Rabu, 23 Mei 2018.

Nicke menjelaskan pelaksanaan market sounding akan dilakukan seperti kilang Bontang dan market sounding dilakukan di tahun ini. Beberapa perusahaan sudah menyatakan minatnya ikut dalam pengembangan kilang Balikpapan.

"Iya, ada tahun ini (market sounding). Tentu kita akan melihat semua aspek dan harus kita kaji. Kan dewan juga minta untuk hati-hati memilih partner," jelas Nicke.

Lebih lanjut, Nicke menuturkan, meski akan menggandeng partner proses pembangunan yang sudah berjalan selama ini tidak akan dihentikan. Prosesnya seleksi partner berjalan secara paralel. "Kita jalan duluan saja seperti Cilacap. Jadi kita jalan saja tidak ada keinginan menunda," imbuh dia.

Seperti diketahui, pengembangan kilang Balikpapan dimulai sejak 2017 dan ditargetkan rampung pada 2021. Saat ini sedang dilakukan bidding EPC Contractor. Pada Oktober akan ditetapkan pemenangnya.

 



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id