Menteri ESDM Ignasius Jonan. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Menteri ESDM Ignasius Jonan. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Pasokan Listrik dan BBM Pascatsunami Selat Sunda Mencukupi

Ekonomi listrik Tsunami di Selat Sunda
Desi Angriani • 26 Desember 2018 16:27
Karangasem: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memastikan pasokan listrik dan bahan bakar minyak (BBM) pascatsunami yang menerjang lima kabupaten di sekitar Selat Sunda aman alias mencukupi.
 
Jonan mengatakan persediaan BBM tidak mengalami gangguan lantaran pasokan ke wilayah Banten dan Lampung berasal dari Jawa dan Sumatera.
 
"Kalau BBM enggak akan ada gangguan karena di Sumatera ini kan jadi satu pulau besar yang pasok distribusinya di Lampung. Kalau Banten jadi satu dengan DKI dan Jabar jadi enggak ada masalah kalau BBM," ujar Jonan ditemui di pos pengamatan Gunung Agung di Karangasem, Bali, Rabu, 26 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, hampir seluruh penerangan berangsur pulih kecuali wilayah yang bangunannya 100 persen rubuh seperti pesisir pantai. Untuk itu, 22 genset di pasang di wilayah terdampak guna membantu pencarian korban di malam hari.
 
"Ada 22 lokasi yang menggunakan genset," imbuh dia.
 
Berdasarkan data sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), korban jiwa akibat tsunami di Selat Sunda mencapai 429 orang.
 
BNPB juga mencatat hingga hari ketiga pascatsunami Selat Sunda, sebanyak 1.485 orang luka-luka, 154 hilang dan 16.082 orang mengungsi akibat tsunami.
 
Tsunami tersebut berdampak pada lima kabupaten yaitu Pandeglang dan Serang di Provinsi Banten, serta Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran dan Tanggamus di Provinsi Lampung.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif