Illustrasi. Dok : MI/Panca.
Illustrasi. Dok : MI/Panca.

Hingga Juni, Rasio Elektrifikasi Naik ke 98,81%

Ekonomi listrik
Suci Sedya Utami • 02 Juli 2019 15:40
Jakarta: Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan realisasi rasio elektrifikasi hingga Juni 2019 mencapai 98,81 persen. Rasio tersebut mengalami kenaikan dari posisi realisasi di akhir 2018 yang sebesar 98,30 persen. Tahun ini rasio elektrifikasi ditargetkan sebesar 99,9 persen.
 
Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana mengatakan ada rumah tangga di beberapa wilayah yang mengalami peningkatan elektrifikasi. Misalnya untuk Jambi dan Riau di Sumatera.
 
"Lalu di NTT kenaikannya mencapai 10 persen, kita sengaja fokus di situ agar masyarakat di sana sejajar dengan saudara-saudara lain di Indonesia," kata Rida di kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 2 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rasio elektrifikasi di NTT naik dari 62 persen menjadi 72 persen. Sementara 33 provinsi lainnya di Indonesia catatan elektrifikasinya sudah di atas 90 persen. Dengan angka realisasi secara nasional tersebut maka sebanyak 68.168.841 rumah tangga telah teraliri listrik. Sementara masih ada 68.168.841 rumah tangga yang belum berlistrik.
 
Sementara itu untuk menggenjot pencapaian target hingga akhir tahun, Rida mengatakan, pemerintah mengupayakan partisipasi Badan Usaha di sektor ESDM untuk membantu pemasangan listik bagi rumah tangga miskin yang belum terlistriki.
 
Bantuan pasang listrik berupa instalasi listrik sederhana dengan dua titik lampu dan satu kotak-kontak, termasuk biaya penyambungan, biaya instalasi, biaya penerbitan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dan voucher perdana Rp10.000.
 
Berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang telah dipadankan oleh PT PLN (Persero) per 1 Juli 2019 terdapat 721.008 rumah tangga miskin belum berlistrik.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif