PLN Operasionalkan 19 Gardu Induk dan Transmisi
Ilustrasi. (Foto: Antara/Adimaja).
Depok: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) telah menyelesaikan 19 proyek Gardu Induk (GI), jaringan transmisi, dan saluran kabel tegangan tinggi yang sudah diselesaikan dan dioperasikan di Regional Jawa Bagian Barat (RJBB).

Direktur Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto menjelaskan proyek tersebut belum termasuk pekerjaan-pekerjaan jaringan tegangan menengah dan jaringan tegangan rendah yang dilakukan oleh PT PLN Distribusi Jakarta Raya dan Distribusi Banten.

"Penyelesaian proyek ini dilakukan oleh PLN Unit Transmisi Jawa Bagian Barat, PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat, dan PLN Unit Induk Pembangunan Interkoneksi Sumatera, Jawa," ujarnya di GI Gandul, Depok, Rabu, 16 Mei 2018.

Adapun 19 proyek yang diresmikan hari ini adalah 11 proyek yang dikerjakan PT PLN Unit Transmisi Jawa Bagian Barat dengan biaya Rp251 miliar bertegangan 860 Mega Volt Ampere (MVA) dan panjang transmisi/Saluran Kabel Tengangan Tinggi (SKTT) 34,95 kilometer sirkit (KMS).

Lima proyek yang dikerjakan PT PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat dengan biaya Rp905 miliar bertegangan 1.060 MVA dan panjang transmisi/SKTT 8,78 kms.

Sementara tiga proyek dikerjakan PT PLN Unit Induk Pembangunan Interkoneksi Sumatera, Jawa. Biaya yang dihabiskan proyek ini senilai Rp222 miliar bertegangan 300 MVA dan panjang transmisi/SKTT 1,5 kms.

"Total 19 proyek, 2.040 MVA, Transmisi/SKTT 52,83 kms ini (biaya keseluruhannya adalah) Rp1.379 triliun," tambahnya.

Dia mengatakan, dengan adanya tambahan penyelesaian proyek Gardu Induk dan Transmisi ini, diharapkan kebutuhan pelayanan listrik di wilayah DKI Jakarta Raya dan Banten dapat terpenuhi.

"Termasuk fasilitas keliatrikan guna mendukung penyelenggaraan Asian Games yang dilaksanakan Agustus nanti," ujarnya.

Lebih lanjut General Manager Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat Robert Purba mengharapkan seluruh proyek lainnya yang tidak hanya 19 dapat selesai dapat waktunya dan biaya yang telah disiapkan.

Pasalnya Direktur Utama PLN Sofyan Basir menegaskan untuk dapat meminimalisir biaya-biaya over head yang tidak diperlukan, namun tetap mengedepankan Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3).

"Masih ada 200 unit proyek di 303 lokasi kami harapkan dapat selesai sesuai target," tutur Purba.



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360