Pembuka Jalan <i>Holding</i> Migas itu Terdepak
Elia Massa Manik. (FOTO: ANTARA/Sigid Kurniawan)
Jakarta: Banyak permasalahan yang membelenggu PT Pertamina (Persero) membuat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno merombak jajaran direksi sekaligus Direktur Utama Elia Massa Manik.

Hal itu menjadi alasan komisaris dan pemegang saham memutuskan untuk melengserkan Elia. Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno menyebutkan alasan utama adalah pembentukan holding BUMN migas.

"Ada beberapa hal (alasan). Jadi ini memang rangkaian keseluruhan tahapan setelah holding, memperkuat dan mempercepat implementasi holding," kata Fajar di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat, 20 April 2018.

Ia menjelaskan holding migas memerlukan direksi-direksi yang andal agar proyek-proyek yang dikerjakan Pertamina tepat waktu. Mulai dari pembangunan kilang, pengalihan TPPI, dan peningkatan pelayanan masyarakat dalam hal ini ketersediaan BBM.

Baca: Dirut Pertamina Dicopot

"Dengan holding migas, memang ini jadi satu kesatuan. Dengan direktur yang baru ini justru akan mempercepat proyek kilang RDMP (Refinery Development Program Masterplan, pengalihan TPPI, holding, dan dalam rangka pelayanan kepada masyarakat," sebut dia.

Sekadar mengingatkan, Elia Massa Manik dilantik Rini Soemarno untuk menjabat sebagai direktur utama Pertamina pada 16 Maret 2018 lalu. Dahulu alasan Rini mengangkat Elia sebagai direktur utama karena memiliki latar belakang migas, dia pernah menjadi Direktur Utama Elnusa.

Dahulu, pemegang saham juga melihat bahwa Elia mempunyai latar belakang bervariasi dan rekam jejaknya yang bagus dalam mentransformasi Elnusa dari keterpurukan.

Elia juga dipercaya untuk memuluskan rencana pemerintah membentuk holding migas. Sebab, Elia berpengalaman dalam mengurusi holding BUMN perkebunan. Elia menjabat sebagai Direktur Perkebunan Nusantara III (Persero) sejak 2016.



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360