Menteri BUMN Rini Soemarno. (FOTO: Metro Bisnis)
Menteri BUMN Rini Soemarno. (FOTO: Metro Bisnis)

Menteri Rini Sudah Kantongi Nama Calon Dirut PLN

Ekonomi pln kementerian bumn
Annisa ayu artanti • 10 Juni 2019 19:33
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengakui sudah mengantongi nama calon direktur utama PT PLN (Persero) pengganti Sofyan Basir.
 
Namun, Rini mengatakan nama calon direktur utama PLN tersebut masih dalam pembahasan untuk mendapat restu Presiden.
 
"Sudah ada beberapa nama. Nanti, masih dibahas," kata Rini di Gedung Sinergi 8, Komplek Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 10 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekretaris Menteri BUMN Imam Apriyanto Putro menyebutkan calon-calon tersebut berasal dari eksternal dan internal PLN. Namun ia juga tidak mau membeberkan salah satu dari nama calon tersebut.
 
"Kalau calon ada internal, ada dari eksternal," kata Imam.
 
Menurutnya, PLN merupakan salah satu perusahaan pelat merah terbesar Tanah Air. Untuk menunjuk seseorang menjadi nakhoda perusahaan BUMN tidak gampang. Perlu kehati-hatian supaya tidak salah dalam menempati posisi seseorang.
 
"Yang jelas memenuhi syarat ada assesment center, independet yang mengasses awal, ada uji kelayakan dan kepatutan. Itu kan harus TPA (Tim Penilai Akhir)," jelas Imam.
 
Sejak Sofyan Basir menjadi ditetapkan sebagai tersangka kasus suap PLTU Riau I, posisi direktur utama ditempati oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Muhammad Ali.
 
Ada beberapa nama yang mencuat sebagai pengganti Sofyan Basir. Salah satunya Direktur Utama Telekomunikasi Indonesia Alex J Sinaga. Namun, Kementerian BUMN menampik kabar tersebut.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif