Illustrasi. MI/SAFIR MAKKI.
Illustrasi. MI/SAFIR MAKKI.

Pertamina Cari Pendanaan dari Korea Selatan

Ekonomi pertamina
Suci Sedya Utami • 16 Maret 2019 10:57
Jakarta: PT Pertamina (Persero) menjalin kesepakatan dengan lembaga keuangan asal Korea Selatan, K-Sure untuk peluang pendanaan sejumlah proyek strategis. Kesepakatan ini ditandatangani oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan CEO K-Sure Lee In Ho.
 
Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan kerja sama ini sangat penting mengingat Pertamina sedang menjalankan sejumlah proyek strategis di antaranya Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan.
 
Poyek RDMP Balikpapan saat ini telah memasuki masa pengerjaan konstruksi setelah sebelumnya Pertamina telah menunjuk konsorsium SK Engineering & Construction Co Ltd., Hyundai Engineering Co. Ltd., PT Rekayasa Industri dan PT PP (Persero) Tbk sebagai kontraktor.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pertamina berharap dengan adanya pendanaan dari K-Sure bisa mendukung proses pembangunan RDMP Balikpapan dan sejumlah proyek lainnya. Meskipun kesepakatan ini juga bisa terbuka untuk peluang bisnis lainnya,” kata Fajriyah dalam keterangan resminya, Sabtu, 16 Maret 2019.
 
Menurut Fajriyah, tidak hanya untuk RDMP Balikpapan, kesepakatan ini pun terbuka untuk pendanaan di sejumlah proyek migas lainnya, petrokimia, pembangkit listrik, dan fasilitas lainnya. Dengan adanya kesepakatan ini diharapkan juga dapat memperkuat hubungan bilateral kedua negara dan kerjasama yang sudah terjalin di antara kedua belah pihak.
 
K-Sure merupakan lembaga ekspor kredit yang berada di bawah naungan Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi Korea Selatan. Selama ini, K-Sure kerap mendukung investasi-investasi perusahaan Korea di luar negeri dengan menyediakan jaminan dan asuransi terkait ekspor produk dan jasa perusahaan Korea Selatan.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif